Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 02:12 WIB

Sediakan BBM di Kalimantan, Begini Upaya Pertamina

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 24 Agustus 2017 | 16:38 WIB
Sediakan BBM di Kalimantan, Begini Upaya Pertamina
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) terus mendukung upaya pemerintah menjalankan program BBM satu harga, tak terkecuali untuk pendalaman Kalimantan.

Maka dari itu, Pertamina meresmikan SPBU Modular di Desa Telaga Pulang Kecamatan Danau Sembuluh, Seruyan, Kalimantan Tengah, di wilayah Kalimantan sendiri Pertamina menargetkan 15 titik untuk meresmikan SPBU modular.

Sejauh ini yang sudah terealisasi sebanyak tiga titik yaitu di Long Apari, Kab. Mahakam, Kalimantan Timur, Jagoi Babang, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat dan Krayan, Kalimantan Utara.

"Sebelumnya untuk mendistribusikan BBM ke Long Apari, Kalimantan Timur, distribusi dari Samarinda harus menempuh jalur darat yang memakan waktu lebih dari 10 jam," kata Yanuar Budi Hartanto, GM Marketing Operation Region VI, dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

BBM tersebut dipindahkan ke kapal motor tank ke Long Bagun dan selanjutnya dipindahkan ke drum berkapasitas 200 liter menggunakan long boat, truk, dan terakhir menggunakan ketinting ke lembaga penyalur di Long Apari.

"Upaya Pertamina ini berhasil menekan harga BBM di Long Apari dengan harga awal 1 liter premium dan solar yaitu Rp 15.000-18.000 menjadi Rp6.450/liter untuk premium dan solar sebesar Rp 5.150/liter," jelas Yanuar.

Tidak jauh berbeda dengan penyaluran ke Long Apari, upaya Pertamina dalam mewujudkan BBM 1 Harga di wilayah Seruyan pun dipenuhi dengan berbagai tantangan, khususnya kendala infrastruktur.

Mobil tangki yang membawa BBM dari TBBM Sampit harus menempuh perjalanan darat hingga 200 Km dengan 70 % kondisi jalan yang masih berupa tanah. Dengan kondisi tersebut, mobil tangki membutuhkan waktu 5 hingga 7 jam perjalanan, bergantung pada kondisi cuaca.

Peresmian SPBU di Seruyan juga dihadiri Sekretaris Daerah Seruyan, Haryono. Adapun, SPBU Modular ini menyediakan produk Premium, Pertalite dan Dexlite dengan volume yang disesuaikan dengan kebutuhan dan konsumsi pelanggan pada SPBU nantinya. [fdl]

Komentar

 
Embed Widget

x