Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 08:34 WIB

OJK Beri Lampu Kuning Kredit Macet di Sulut

Oleh : - | Kamis, 24 Agustus 2017 | 18:50 WIB
OJK Beri Lampu Kuning Kredit Macet di Sulut
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Manado - Kredit macet perbankan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga Mei 2017, mencapai Rp1,3 triliun. Awas jangan dibiarkan begitu saja.

"Melihat jumlah kredit bermasalah yang masih cukup besar ini, maka diharapkan perbankan terus memperbaiki kinerja keuangannya," kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulut Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutgomalut) Elyanus Pongsoda di Manado, Kamis (24/8/2017).

Dia mengatakan kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) mengalami pertumbuhan sekitar 17,32% dibandingkan posisi sama tahun lalu. Dengan jumlah rekening kredit bermasalah perbankan Sulut sebanyak 14.347 debitur.

Kredit bermasalah yang cukup besar ini, katanya, diharapkan terus diperbaiki, dan pihak bank harus lebih teliti lagi dalam pemberian kredit. "Dana yang dikelola oleh bank merupakan milik masyarakat, sehingga harus hati-hati," kata Elyanus.

Berarti, katanya, pada saat tim marketing akan menelusuri calon penerima kredit, harus jelas agar tidak menambah NPL di kemudian hari. "NPL yang tinggi, akan mempengaruhi kinerja perbankan secara keseluruhan," kata Elyanus.

Rata-rata perbankan di Sulut memiliki NPL di bawah lima persen. Jika masih ada yang berada di atas BI, maka harus segera diperbaiki sehingga tidak berada di ambang batas. [tar]

 
x