Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 21:54 WIB

KLHK Siapkan 9 Strategi Implementasikan NDC

Oleh : - | Kamis, 24 Agustus 2017 | 20:06 WIB
KLHK Siapkan 9 Strategi Implementasikan NDC
(Foto: lhk)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan sosialisasi Nationally Determined Contribution (NDC) yang berisi rencana mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Indonesia yang juga memerlukan komitmen banyak pihak dari pemerintah daerah, dunia usaha hingga masyarakat lainnya.

"Indonesia hadir dan menjadi harapan dunia dalam pengendalian Perubahan Iklim. Upaya ini adalah untuk Indonesia dan rakyat Indonesia, bagaimana kita ikut menyelamatkan bumi dan memenuhi amanat UUD 1945 dimana hak setiap warga negara untuk memperoleh lingkungan yang baik dan sehat," ucap Siti Nurbaya, saat berbicara pada "Sosialisasi NDC: Peran Daerah Dalam Pencapaian Target NDC", di Jakarta, 24-25 Oktober.

Dalam acara yang menghadirkan para pemangku kepentingan di daerah itu, Menteri LHK menjelaskan Indonesia memiliki sembilan program strategi untuk implementasi NDC, yaitu: 1) Pengembangan rasa memiliki (ownership) dan komitmen; 2) Pengembangan kapasitas; 3) Enabling Environment (memungkinkan lingkungan); 4) Penyusunan kerangka kerja dan jaringan komunikasi; 5) Kebijakan satu data GRK; 6) Penyusunan kebijakan, rencana dan program (KRP) intervensi; 7) Penyusunan guidance (pedoman) implementasi NDC; 8) Implementasi NDC; dan 9) Pemantauan dan review NDC.

"Sebagai keberhasilan upaya bersama penurunan GRK, sampai tahun ini Indonesia telah berhasil menurunkan emisi 11% dari 29% yang ditargetkan sampai 2030," ungkapnya.

Pemanasan global telah menjadi perhatian masyarakat dunia dimana 197 negara anggota United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) berkomitmen dan berupaya untuk mencegah kenaikan suhu global tidak melebihi 20C atau setara dengan gas rumah kaca 450 PPM di atmosfer pada tahun 2100.

Untuk mengendalikan "produksi" gas rumah kaca dari aktifitas manusia (antropogenik caused), Perjanjian Paris mengamanatkan pelaksanaan NDC yang berisi rencana mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di setiap negara anggota, termasuk Indonesia.

First NDC Indonesia telah disampaikan kepada UNFCCC pada November 2016 sebagai bentuk kontribusi Indonesia untuk mengimplementasikan Persetujuan Paris yang diratifikasi melalui Undang-Undang Nomor 16 tahun 2016. Indonesia menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 29% dengan kemampuan sendiri (unconditional) dan sampai dengan 41% dengan dukungan internasional (conditional) dibandingkan dengan tanpa ada aksi (business as usual) pada 2030.

Target conditional tersebut akan dicapai melalui penurunan emisi GRK sektor Kehutanan (17,2%), energi (11%), pertanian (0,32%), industri (0,10%), dan limbah (0,38%). [*]

Komentar

 
x