Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 23:32 WIB

BBM Satu Harga

Gara-gara Pengecer, Pertamina Berlakukan Kupon

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 25 Agustus 2017 | 18:01 WIB
Gara-gara Pengecer, Pertamina Berlakukan Kupon
(Foto: inilahcom/ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Program BBM satu harga yang ditugaskan ke PT Pertamina (Persero) ternodai ulah pengecer. Alhasil, ke depan Pertamina akan memberlakukan sistem kupon. Seperti apa?

Salah satu kendala yang kerap dialami adalah tingkah pengecer yang memborong BBM sehingga menyebabkan stok di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) cepat habis.

Direktur Pemasaraan Pertamina Iskandar mengungkapkan, para pengecer tersebut sengaja membeli BBM satu harga di SPBU dalam jumlah yang besar.

"Mereka jual lagi kepada masyarakat dengan harga yang jauh lebih mahal," ujar Iskandar di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (25/8/2017).

Adapun, beberapa lokasi yang kedapatan terjadi modus seperti ini ada di Papua dan Maluku.

"Memang seperti itu dijual di pengecer mahal juga kan jadi ini ada permasalahan baru," jelas dia.

Guna mengatasi masalah itu, Pertamina memutuskan bahwa penjualan BBM satu harga di daerah terpencil dilakukan dengan kupon.

Jadi, masyarakat yang ingin membeli BBM dengan harga murah harus memiliki kupon yang bisa didapatkan di pemerintah daerah.

"Pemda harus antisipasi seperti Wamena itu kan pakai kupon yang boleh beli pakai kupon itu aja jadi semua diatur kalau gak diatur ya akan terjadi seperti itu Jadi kita perlu dukungan," ujar dia.

Menurutnya, perlu keterlibatan semua pihak agar BBM satu harga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

"Pengawasan bersama-sama untuk melaksanakan itu ada unsur Pemda nya aparat kepolisian ya kayak gitu kan supaya tidak diborong jangkauan kita enggak mungkin," jelasnya. [jin]

Komentar

 
x