Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 23:35 WIB

Jangan Tergiur Iklan, Meikarta tak Berizin

Oleh : Uji Sukma Medianti | Senin, 28 Agustus 2017 | 10:09 WIB
Jangan Tergiur Iklan, Meikarta tak Berizin
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai Kota Baru Meikarta di Cikarang, Jawa Barat sebagai produk prestisius Lippo Group, sarat kerugian bagi konsumen.

Hal pertama yang perlu diperhatikan konsumen ketika akan membeli properti, pastikan soal perizinan. Nah, masalahnya, mega proyek Lippo Group yang bernilai Rp278 triliun ini, terganjal soal perizinan. Jadi ya sebaiknya berhati-hati.

"(Meikarta) dibilang membahayakan, karena aspek perizinan yang belum selesai akan memberi risiko yang cukup besar," kata Mustafa Staf Pengaduan dan Hukum YLKI, kepada INILAHCOM, di Jakarta, Sabtu (26/8/2017).

Mustafa bilang, dalam penjualan properti dibutuhkan konsistensi produk yang ditawarkan, jika belum ada izinnya maka masih diragukan konsistensinya.

"Bisa dibayangkan bila dia menjanjikan lahan 500 hektar tapi realisasinya hanya sekian ratus hektar. Kemudian, mereka menjanjikan fasilitas A, B, C. namun kenyataannya tidak ada," jelas Mustafa.

Adapun, potensi paling besar maaalahnya di kemudian hari adalah pemenuhan janji yang tidak ditepati.

"Dengan memasarkan tapi belum ada ijin pasti bakal ada pemenuhan janji yang tidak bisa ditepati. Misal keterlambatan pembangunan, nah kejadian semacam ini akan menyebabkan kerugian dan masalah buat konsumen sebab masih dipenuhi ketidakpastian," terang Mustafa.

Himbauan YLKI ini perlu dicatat. Apalagi, pihak Lippo Group jor-joran pasang iklan berisi puja-puji Meikarta Cikarang di sejumlah media mainstream.

Nah, pihak media seharusnya bersikap bjak ketimbang hanya memikirkan pendapatan perusahaan. Karena kepentingan yang jelas lebih besar ketimbang sekedar pemasukan bagi perusahaan. [ipe]

Komentar

 
x