Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 Februari 2018 | 06:02 WIB
 

BI Sebut LTV Spasial Efektif Tumbuhkan Kredit

Oleh : - | Senin, 28 Agustus 2017 | 16:09 WIB
BI Sebut LTV Spasial Efektif Tumbuhkan Kredit
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Yogyakarta - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara bilang, kebijakan Loan To Value (LTV) spasial bisa mendorong pertumbuhan kredit yang saat ini belum optimal.

"Permintaan harus didorong lagi, makanya BI mengkaji aturan makroprudensial LTV spasial untuk beberapa provinsi," kata Mirza kepada wartawan di DI Yogyakarta, Senin (28/8/2017).

Mirza memastikan, kebijakan makroprudensial ini akan membedakan besaran nilai uang muka kredit properti maupun otomatif di masing-masing provinsi. Dengan demikian, di masing-masing provinsi tersebut bisa saja terdapat beberapa daerah yang mengalami pelonggaran atau pengetatan LTV, tergantung penyediaan data. "Misalnya LTV lebih longgar, namun bisa saja ada provinsi yang lebih ketat. Tapi perlu data yang lebih bagus mengenai harga properti di secondary market," ujar Mirza.

Ia memastikan, kebijakan makroprudensial ini dirumuskan untuk mendukung penurunan suku bunga acuan BI yang telah dilakukan sebanyak 175 basis poin sejak awal 2017. "BI sudah menurunkan bunga tujuh kali, pasar sudah mulai merespon, tapi yang penting dari sisi 'demand'," kata Mirza.

Sebelumnya, BI menurunkan suku bunga acuan atau BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7-day RR Rate) sebesar 25 basis poin menjadi 4,5%, sebelumnya 4,75%.

BI bersama otoritas terkait akan mempercepat proses konsolidasi perbankan serta mendorong penyaluran kredit dan pembiayaan korporasi melalui pasar keuangan.

Kebijakan ini bersama dengan penurunan suku bunga ditujukan untuk mendorong intermediasi perbankan yang lebih optimal guna mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional. [tar]

Tags

Komentar

 
x