Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 08:35 WIB

Freeport Masih Galau untuk Lepas 51% Saham

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 29 Agustus 2017 | 11:27 WIB
Freeport Masih Galau untuk Lepas 51% Saham
CEO Freeport McMoran, Richard Adkerson, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Stafsus Menteri ESDM, Hadi Djuraid. - (Foto: inilahcom/Uji Sukma)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Freeport Indonesia (Freeport) masih pikir-pikir untuk mendivestasikan sahamnya sebesar 51%.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menjelaskan, skema divestasi masih dirundingkan secara detail. Dalam konferensi pers yang digelar di Kementerian ESDM, Selasa pagi (29/8/2017), bersama dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan CEO Freeport McMoran, Richard Adkerson, Jonan menyebut pemerintah pada saat ini, menghendaki kerja sama antara pemerintah dan Freeport diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

"Dengan berbagai upaya semaksimal yg bisa dilakukan. Dan dengan kerja sama yang baik, jadi semua instansi pemerintah dicapai walaupun ini tidak mudah," kata Jonan di Kementerian ESDM, Jakarta.

Jonan menuturkan sesuai dengan mandat Presiden Joko Widodo, Freeport wajib melakukan total divestasi sebesar 51%. Namun begitu, masih seperti pernyataan sebelumnya, Jonan masih enggan menerangkan seperti apa teknis dan skema divestasinya.

"Pada saat ini masih dirundingkan secara detail dan akan dilampirkan di Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang tidak bisa diubah sampai konsensi dan kontrak selesai," terangnya.

Begitupun dengan harga atau valuasi saham, yang nantinya, kata Jonan akan terdepresiasi. Dia menyebut tenggat waktu pembahasan bakal diselesaikan minggu ini bersama CEO Freeport, Richard Adkerson. "Supaya detailnya timing dalam minggu ini mumpung Adkerson ada di Jakarta," ungkapnya. [hid]

 
x