Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 15:47 WIB

Jadi IUPK, Menkeu Pastikan Ini dari Freeport

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 29 Agustus 2017 | 13:33 WIB
Jadi IUPK, Menkeu Pastikan Ini dari Freeport
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memastikan penerimaan negara akan lebih besar usai PT Freeport Indonesia (Freeport) mengubah status menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

"Setelah kita lakukan perhitungan sesuai penerimaan pajak, maupun pajak yang dipungut Freeport, pajak daerah, komposisi berdasarkan refailing law sekarang, royalti akan lebih tinggi," kata Ani di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Ani menuturkan, pemerintah telah mengusulkan penerimaan yang lebih besar, yaitu berdasarkan kepada UU Minerba Nomor 4 Tahun 2009 pasal 159C. Dan secara agregat penerimaan negara sudah disepakati. "Di UU Minerba lebih dikasih keleluasaan semua boleh dinegoisasikan asalkan penerimaan negara bisa lebih besar. Ini untuk landasan kepastian rezim fiskalnya," ujarnya.

Untuk bentuknya, lanjut dia, akan dilampirkan di dalam draft IUPK. Di dalam IUPK itu akan dijelaskan semua yang menjadi kewajiban Freeport untuk menyetorkan penerimaan negara, seperti PBB dan Pajak daerah, dan juga sharing reveneu.

Ani melanjutkan, lampiran itu berisi tentang Pajak Penghasilan (PPh) dan menetapkan ratenya, yang akan ditetapkan sepanjang masa izin operasi.

Dalam hal ini, lanjut dia, kalau dilihat adalah prevailing. Namun hal itu dituangkan dalam sebuah konsesi pemerintah yang tertuang dalam lampiran. "Ini (akan) memberikan kepastian jumlah dan komposisi penerimaan negara, dan buat mereka ini juga memastikan kewajiban mereka kasih pajak ke kita," ujar dia.

Nantinya, aturan mengenai pajak yang bakal dikenakan ke seluruh pemegang IUPK akan diatur lagi dalam Peraturan Pemerintah yang baru. "Ini nanti akan dituangkan di PP (Peraturan Pemerintah) yang berlaku untuk semua pemegang IUPK," jelasnya. [hid]

 
x