Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 17:00 WIB

Eranya Digital, Layanan Bank DBS Dalam Genggaman

Oleh : - | Rabu, 30 Agustus 2017 | 08:09 WIB
Eranya Digital, Layanan Bank DBS Dalam Genggaman
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sadar akan era digital yang serba mudah dan cepat, PT Bank DBS Indonesia meluncurkan aplikasi bank konvensional untuk ponsel pintar, bernama Digibank.

Inovasi bertajuk Digibank ini, bertujuan untuk mendongkrak Dana Pihak Ketiga (DPK) bank yang berinduk di Singapura ini. "Kami targetkan dalam lima tahun pengguna Digibank ini bisa 3,5 juta pengguna," kata Direktur Konsumer DBS Indonesia, Wawan Salum di Jakarta, Selasa malam (29/8/2017).

Wawan mengatakan, Digibank menyasar calon nasabah segmen masyarakat milenial, atau masyarakat yang setiap harinya erat dengan peranti teknologi informasi. Tahun ini, DBS sangat gencar membenahi layanan teknologinya.

Sayangnya, Wawan enggan mengungkapkan berapa investasi yang disiapkan untuk mengembangkan layanan teknologi perbankan DBS. Digibank lebih dari sekedar layanan mobile banking, atau internet banking yang sudah disajikan sejumlah bank di tanah air.

Layanan ini mengandalkan teknologi biometrik yang mengandalkan data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E). Masyarakat yang ingin membuka rekening Digibank, tinggal mengatur waktu dengan agen Digibank untuk membuka rekening.

Keuntungan lainnya, tidak ada ketentuan saldo minimum seperti rekening di bank fisik. DBS juga menjanjikan tidak ada biaya administrasi untuk pembukaan rekening serta bunga yang dinikmati nasabah sebesar tiga persen.

Fitur lainnya dalam Digibank tambahnya adalah layanan transfer dan tarik tunai tanpa biaya. Bahkan, pengguna Digibank dapat mentransfer dana hingga Rp200 juta, serta penarikan tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) manapun. Layanan transfer yang mencapai Rp200 itu, tersedia dalam Digibank, sudah termasuk layanan SKN dan RTGS (Real Time Gross Settlement), atau layanan kliring.

Untuk fitur keamanan, Kepala Perbankan Digital DBS, Leonardo Koesmanto mengatakan, layanan Digibank dilengkapi dengan soft token yang berbeda dengan kata sandi rahasia biasa digunakan di bank konvensional. "Soft token ini jadi pengaman dinamis di dalam aplikasi yang lebih aman dari One Time Password," ujar Leonardo. [tar]

 
x