Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 12:26 WIB

Impor Gula Dibuka, Lantaran Stok Dalam Negeri Ciut

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 31 Agustus 2017 | 07:09 WIB
Impor Gula Dibuka, Lantaran Stok Dalam Negeri Ciut
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan pemerintah terpaksa melakukan impor gula lantaran stok didalam negeri kurang.

Akibat hal ini, para petani gula berunjuk rasa menolak kebijakan impor tersebut di depan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Kementerian Perdagangan pada Selasa (30/8/2017). "Sekarang saya tanya berapa konsumsi gula di masyarakat?," kata Enggar di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Dijelaskan Enggar, impor gula tidak bisa dielakkan karena jumlah produksi dalam negeri hanya mampu mencakup 2,2 juta ton sementara kebutuhannya mencapai 3,2 juta ton. "Nah sekarang selisihnya dari mana? Dari impor,oke. Jadi jelas ya selisihnya," ujar Enggar.

Dikatakan Enggar, bila pemerintah tidak melakukan impor gula darimana lagi bisa memenuhi kebutuhan gula di tengah masyarakat. "Impornya raw sugar yang diolah. Kita jadi tukang jahit tidak ada soal. Jadi untuk mengisi gap-nya itu kita hrus impor," jelas politisi Golkar yang lompat ke Nasdem ini. [fdl]

 
x