Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 02:02 WIB

Pertamina Jamin Stok LPG dan BBM Aman

Oleh : - | Jumat, 1 September 2017 | 13:31 WIB
Pertamina Jamin Stok LPG dan BBM Aman
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta PT Pertamina (Persero) menjamin stok LPG 3 Kg menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 mencukupi, sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Walaupun hingga saat ini terdapat kenaikan sekitar 6% dari total konsumsi LPG PSO dan Non PSO.


Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Adiatma Sardjito menyatakan secara nasional stok LPG cukup untuk 16,86 hari. Stok ini sangat mencukupi dan melebihi ketentuan Permen ESDM No 26/2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG, dimana ketahanan stok LPG minimal 11 Hari. Dengan penambahan pasokan tersebut, Pertamina berharap masyarakat dapat tenang merayakan Hari Raya Idul Adha.

"Kami sudah mengantisipasi adanya peningkatan konsumsi LPG 3 Kg pada setiap perayaan keagamaan. Saat ini, stok aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," tegasnya di Jakarta, Kamis (31/8/2017).


Selain penambahan stok LPG 3 Kg, tambah Adiatma, Pertamina juga telah menyediakan LPG non subsidi, baik LPG 12 Kg maupun Bright Gas di seluruh agen dan SPBU strategis yang berpotensi mengalami peningkatan konsumsi.


Berdasarkan data per tanggal 30 Agustus 2017, Pertamina memiliki stok LPG sebesar 333,270 MT dengan rata-rata penyaluran LPG harian sebesar 19,772 MT. Kenaikan permintaan konsumsi LPG PSO dan Non PSO pada minggu terakhir bulan Agustus 2017 sebesar 24,500 MT/hari atau naik 6% dibanding rata-rata hari-hari sebelumnya.

Adapun mengenai konsumsi BBM, menjelang Hari Raya Idul Adha, Pertamina mencatat konsumsi BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite dan Pertamax Series) naik sekitar 3% dari konsumsi harian normal 96.500 ribu KL ( kiloliter) menjadi 99.500 ribu KL. Adapun BBM jenis Gasoil (Solar, Pertamina Dex, Dexlite Series), Pertamina memprediksi akan terjadi penurunan konsumsi hingga 5%, dari konsumsi harian normal yakni 58.500 ribu KL menjadi 55.600 ribu KL.

Penurunan konsumsi Gasoil karena per 31 Agustus hingga 3 September 2017, Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Darat mengeluarkan larangan beroperasi bagi mobil barang selama liburan Idul Adha.

"Pada kondisi libur, konsumsi BBM cenderung naik, namun kami tetap menjamin ketersediaan pasokan dan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Idul Adha,"tandas Adiatma Sardjito.

Lebih lanjut Adiatma juga menjelaskan, untuk mengantisipasi Hari Raya Idul Adha 1438 yang jatuh pada Jumat, 1 September 2017, Pertamina telah membentuk Posko Satgas LPG dan BBM di Kantor Pusat Pertamina dan Kantor Marketing & Operation Region (MOR) Pertamina dalam upaya persiapan dan pengamanan pasokan LPG dan BBM.

Posko Satgas LPG dan BBM akan memastikan kesiapakan mobil tangki LPG dan BBM serta menambah waktu operasional depot dan SP(P)BE jika diperlukan. Satgas juga akan berkoordinasi dengan berbagai pihak dan instansi seperti Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan instansi lainnya dalam menjaga keamaman dan penyaluran LPG dan BBM.

Komentar

 
x