Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 21:54 WIB

Dividen Bank BUMN Naik Tipis, Ini Kata Bos BTN

Oleh : Uji Sukma Medianti | Rabu, 6 September 2017 | 15:54 WIB
Dividen Bank BUMN Naik Tipis, Ini Kata Bos BTN
Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN), Maryono - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dalam RAPBN 2018, pemerintah mematok dividen 4 bank BUMN sebesar Rp12,6 triliun. Hanya naik Rp100 miliar dari tahun sebelumnya. Kenapa tipis ya?

Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN), Maryono menerangkan, pihaknya sudah menyetujui angka dividen tersebut. Di mana, tahun depan, BTN diwajibkan setor deviden Rp420 miliar. "(Dividen) Rp12,6 Triliun itu 4 bank BTN-nya Rp420 miliar tahun 2018, padahal di 2016 saja kita sudah Rp520 miliar," ujar Maryono di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Maryono menilai, BUMN telah menunjukkan perhatiannya untuk beberapa kepentingan perusahaan itu untuk berkembang. "Dengan kita menurunkan rasio menjadi Rp420 miliar itu memberi kesempatan untuk BTN menaikkan modal atau Capital Adequcy Ratio (CAR)," ungkap Maryono.

Mengenai modal, salah satu yang disinggung Maryono adalah mengenai fokus dalam pembiayaan rumah subsidi atau program sejuta rumah. Dia menerangkan Aset Tertimbang Menurut Risiko (ATMR) untuk properti yang sebelumnya sebesar 20% naik kembali menjadi 40%.

"Ini kan membutuhkan daripada modal, kemudiankan bank-bank itu kan melakukan ekspansi di dalam pembiayaan infrastruktur, juga memerlukan modal," kata Maryono.

Maryono menambahkan, jika dividen dinaikkan rationya, maka bukan tidak mungkin bisa menghambat ekspansi perusahaan.

Komentar

 
x