Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 17:00 WIB

Kendaraan Berat Dilarang Masuk Tol Cikampek

Oleh : - | Kamis, 7 September 2017 | 07:09 WIB
Kendaraan Berat Dilarang Masuk Tol Cikampek
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengendara kendaraan berat yang biasa melintas di Rol Jakarta-Cikampek siap-siap gigit jari. Bisa jadi pemerintah membatasi kendaraan berat masuk tol tersebut. Alasannya untuk mengurangi kemacetan.

"Hasil kajian terakhir perkembangan ganjil genap di Tol Cikampek, kecenderungannya tidak akan diberlakukan. Penggantinya pembatasan kendaraan berat, lalu menambahkan kendaraan bus-bus dengan dikawal secara khusus," kata Menteri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Wapres di Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Budi menjelaskan, kebijakan tersebut untuk menggantikan rencana penerapan ganjil genap di tol Cikampek yang sebelumnya diusulkan. Pembatasan dilakukan pada pukul 06.00-09.00 pagi dan 16.00-21.00.

Budi mengatakan, kajian tersebut sudah selesai dilakukan dan kebijakan baru akan efektif pada satu hingga dua pekan ke depan.
Pembatasan kendaraan berat di jalan bebas hambatan itu menurut dia akan berdampak mengurangi kemacetan.

Sementara dampak terhadap distribusi logistik menurut dia tidak akan begitu dirasakan karena pembatasan hanya dilakukan tiga jam selebihnya bisa dilakukan seperti biasa dan pada malam hari.

Sebelumnya wacana ganjil genap digulirkan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berdasarkan hasil survei kepadatan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek, khususnya lintasan Cikunir hingga Bekasi Barat.

Kepadatan terjadi sebagai dampak dari pengerjaan fisik infrastruktur tol berupa jalan layang Tol Jakarta-Cikampek, Light Rapid Transit (LRT) dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang bergulir secara bersamaan pada 2017. [tar]

 
x