Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 08:33 WIB

Airlangga Senang, Manufaktur Merah Putih Berkibar

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 7 September 2017 | 08:09 WIB
Airlangga Senang, Manufaktur Merah Putih Berkibar
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Indeks manajer pembelian (Purchasing Manager Index/PMI) Indonesia per Agustus 2017 mencapai 50,7. Naik ketimbang bulan sebelumnya sebesar 48,6. Pertanda industri manufaktur makin berkibar.

Pada Agustus lalu, PMI Indonesia yang dirilis Nikkei dan Markit mencapain 50,7. Makna dari PMI di atas 50 adalah pergerakan manufaktur yang ekspansif. Sementara kalau di bawah 50 menunjukkan manufaktur kontraksi.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menilai, kenaikan indeks manufaktur tidak hanya didorong penguatan permintaan. Namun karena mengalirnya realisasi investasi dan meningkatnya utilisasi di sektor industri.

"Momentum baik seperti ini harus terus dijaga bersama dan semestinya makin ditingkatkan," ujar Airlangga dalam keterangan tertulisnya kepada media di Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Oleh karena itu, Airlangga berpendapat perlu koordinasi sektoral yang kuat untuk memacu laju pertumbuhan industri manufaktur nasional. Faktor penentu ekspansi tersebut, antara lain ketersediaan bahan baku dan harga energi yang terjangkau."Makanya pemerintah melakukan harmonisasi regulasi agar seluruh pelaku industri dalam negeri mendapat kemudahan berusaha," tuturnya. [ipe]

 
x