Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 September 2017 | 18:25 WIB

DPR Tagih Janji Menkeu Soal Setoran Cukai

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 7 September 2017 | 16:15 WIB
DPR Tagih Janji Menkeu Soal Setoran Cukai
Anggota Komisi XI DPR, Anna Mu'awanah - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi XI DPR, Anna Mu'awanah menagih janji Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati soal ekstensifikasi cukai plastik.

Sebab hingga Agustus 2017, belum ada penerimaan cukai dari kemasan plastik yang ditargetkan pemerintah. "Bu Ani (Menteri Keuangan Sri Mulyani), tolonglah apa yang menjadi keputusan kita di rapat Banggar dan Komisi dilaksanakan," kata Anna dalam saat rapat kerja dengan Pemerintah di Ruang Rapat Komisi XI DPR Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Anna beralasan komitmen tersebut setelah Komisi XI dan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI melakukan rapat sebanyak 11 kali dengan pemerintah terkait hal ini, namun janji tersebut belum juga teralisasi. "Kita ini lembaga politik bu, ada tarik sana tarik sini, tapi kita juga ingin dinilai masyarakat," kata Anna.

Apalagi kata Politisi Partai PKB ini target penerimaan cukai plastik sudah masuk dalam APBN 2017 sebesar Rp1,6 triliun, namun sepertinya target tersebut tidak akan tercapai, lantaran ekstensifikasi cukai ini belum dilakukan oleh pemerintah.

Senada dengan Anna, Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Wilgo Zainar juga menagih janji ekstensifikasi cukai pemerintah. "Sekarang cukai masih dari dua, yaitu rokok dan minuman beralkohol (minol). Kami juga sepakati tambah cukai plastik. Ini diharapkan bisa dipenuhi," kata Willgo.

Bahkan, Willgo meminta pemerintah segera menambah kembali target ekstensifikasi cukai di tahun depan, di mana ia mengusulkan agar pemerintah bisa mengenakan cukai pada makanan berbahan pengawet. "Kami harap, ekstensifikasi lainnya adalah makanan berpengawet yang merusak kesehatan," katanya.

Menanggapi hal ini Sri Mulyani tak berkelik, dirinya tidak berbicara banyak, ketika ditanya hal ini oleh awak media, Sri Mulyani hanya menjawab "Kita akan upayakan," katanya singkat. [hid]

 
Embed Widget

x