Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 21:52 WIB

Di Depan DPR, Mulyani Ngotot Daya Beli tak Merosot

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 7 September 2017 | 16:58 WIB
Di Depan DPR, Mulyani Ngotot Daya Beli tak Merosot
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Daya beli masyarakat yang diduga melemah, menarik perhatian parlemen. Masalah ini sempat ditanyakan langsung kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Dalam rapat kerja dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/9/2017), sejumlah anggota Komisi XI DPR merasa tak yakin dengan klaim pemerintah yang menyatakan konsumsi atau daya beli masyarakat, baik-baik saja.

Mendapat tentangan ini, Sri Mulyani menegaskan bahwa daya beli tidak mengalami kemerosotan."Kalau bapak ibu semua melihat (sembari menujuk layar presentasi), untuk desil 0 atau yang paling rendah atau sampai yang ke 4, pertumbuhan tahun ini konsumsinya lebih tinggi dari pertumbuhan konsumsi tahun lalu, yaitu antara 4% bahkan ada yang 8% kalau kita lihat yang desilnya," kata Sri Mulyani.

Sementara pertumbuhan konsumsi untuk kelas menengah, desil ke-4 hingga ke-9, masih tetap tinggi yaitu di kisaran 8%. Namun, dibandingkan dengan tahun lalu yang lebih tinggi dari 8%, terlihat menjadi lebih rendah. Karena, tahun lalu growth-nya sampai 10%.

"Ini menggambarkan ada persepsi seolah-olah ada konsumsi melambat, daya beli menurun. padahal kalau kita lihat growth dari konsumsi per kelompok rumah tangga itu masih tumbuh, dan tumbuhnya masih cukup tinggi," kata Sri Mulyani.

Namun untuk kelompok menengah kata Sri Mulyani mungkin terkena kenaikan harga lsitrik yang 900 VA, sehingga agak mengurangi konsumsi masyarakat.

"Itu dia mengalami perlemahan namun tidak dikatakan dia negatif. Growth-nya masih ada di level sekitar 6-8%. Jadi ini adalah yang menggambarkan yang ditanyakan tadi," katanya. [ipe]

Komentar

 
x