Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 15:46 WIB

Aturan Gesek Non-Tunai

Aprindo: Belum Ada Keluhan Soal Double Swipe

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 7 September 2017 | 20:10 WIB
Aprindo: Belum Ada Keluhan Soal Double Swipe
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengakui belum pernah ada keluhan dari konsumen ihwal gesek ganda kartu kredit/debit di kasir.

"Belum (pernah) ada (keluhan)," ujar Ketua Umum Aprindo, Roy Mandey kepada wartawan di Kantor CSIS, Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Roy menuturkan, pihaknya justru bingung lantaran gesek ganda dilakukan justru untuk kenyamanan konsumen dalam melakukan antrian pembayaran.

Apabila tidak digesek ganda, maka kasir akan memasukkan nomor kartu lewat cara manual dimana nomor akan dimasukkan satu per satu.

Cara manual itu memerlukan waktu 15 detik tiap transaksi. Menurut Roy, bila ada 20 konsumen mengantri, bisa dibayangkan bukan berapa lama waktu yang dihabiskan si pengantri terakhir.

Dia meluruskan, ritel butuh melakukan pendataan ganda, guna melakukan validasi serta antisipasi jika sewaktu-waktu ada kesalahan angka dengan tujuan rekapitulasi. "Bila misalnya ada kesalahan angka nanti bisa diantisipasi dengan cepat (rekap)," ujarnya.

Jika konsumen menolak untuk melakukan 'double swipe', ritel tetap akan menginput nomor kartu karena kepentingan validasi data tadi. Disamping memang hal itu memang merupakan Standar Operating Procedure (SOP) penggunaan kartu. "Kita oke saja. Nanti kita akan masukkin manual. Sebab itu SOP-nya dan itu tidak dilarang," terangnya. [ipe]

 
x