Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 21:52 WIB

Cermati Perekonomian 2017, Sri Mulyani Galau

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 8 September 2017 | 03:39 WIB
Cermati Perekonomian 2017, Sri Mulyani Galau
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom/Didik S)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mulai tak bersemangat menatap ekonomi di sisa 2017. Semua karena masih rendahnya pertumbuhan ekonomi.

Lantaran itu, wanita kelahiran Bandar Lampung 26 Agustus 1962 kembali harus memangkas target pertumbuhan ekonomi 2017 yang sudah ditetapkan dalam APBN Perubahan 2017 sebesar 5,2%. "Dalam prognosis 2 kuartal ke depan, dari Kementerian Keuangan kita melihat down side dan up side yang optimistis 2017 kita mendekat 5,17% sampai akhir tahun," kata Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Namun, Sri Mulyani tak menjelaskan secara rinci, mengapa pemerintah lagi-lagi harus memangkas target pertumbuhan ekonomi di tahun bershio ayam api ini.

Meski begitu, kata Sri Muluyani, angka 5,17% tidak buruk-buruk amat, Perlu kerja keras dan serius untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi 5,17%.

"Dengan adanya deflasi daya beli masyarakat tidak tergerus, dan dengan pemerintah akselerasi berbagai program, maka daya beli masyarakat akan tetap terjaga. Sehingga kontribusinya bisa 5%," tutur Sri Mulyani.

Selain itu, kontribusi dari sisi investasi untuk sepanjang 2017 juga diharapkan berada di level 5,2%. Untuk mencapai itu kontribusi investasi terhadap PDB di sepanjang semester II-2017 harus mencapai 5,4%.

Namun dirinya memandang kontribusi dari sektor investasi yang memang berat. Apalagi menurut data perbankan penyaluran kredit untuk dunia usaha diperkirakan melambat tahun ini.

"Pertumbuhan kredit tahun ini diharapkan 12%, tapi realisasinya tidak setinggi itu. Ini menggambarkan kenapa investasi dalam komponen pertumbuhan ekonomi untuk 2 kuartal tahun ini lebih rendah. Meskipun kita dapat up size dari ekspor," katanya.[ipe]

Komentar

 
x