Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 22:58 WIB

Gila, Ada BUMN Pakai Dana PMN Untuk Bayar Pajak

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 8 September 2017 | 06:09 WIB
Gila, Ada BUMN Pakai Dana PMN Untuk Bayar Pajak
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom/M Fadil Djailani)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beberkan adanya BUMN yang mendapat suntikan dana PMN (Penyertaan Modal Negara), tapi justru digunakan untuk membayar pajak.

Pernyataan Sri Mulyani, tentu saja tidak main-main. Terkuak setelah dirinya memerintahkan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu melakukan audit terhadap neraca dan penggunaan PMN.

"Tapi kenaikan PMN yang banyak kami minta akuntabilitas. PMN tidak boleh untuk bayar gaji dan utang, malah ada PMN yang mau digunakan untuk bayar pajak kan lucu," ungkap Sri Mulyani di Komisi XI DPR, Jakarta, Kamis (7/9/2018).

Selanjutnya, Sri Mulyani mengajak Menteri BUMN Rini Soemarno untuk melakukan pengawasan lebih ketat terkait penggunaan dana PMN. Karena, dana PMN adalah uang negara yang berasal dari pajak masyarakat.

"Kami minta Menteri BUMN dan manajemen BUMN masing-masing untuk mengawasi. Kami memonitor bahwa itu yang kami sampaikan, kami sampaikan kepada Menteri BUMN bahkan deputinya. Bagi kami apalagi di Kemenkeu kumpulkan rupiah demi rupiah dari Pajak dan PNBP kan gak mudah," kata Mulyani.[ipe]

Komentar

 
x