Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 September 2017 | 18:38 WIB

KKP Pelototi Jumlah Ikan Tiap Tahun, Ini Maksudnya

Oleh : - | Sabtu, 9 September 2017 | 08:09 WIB
KKP Pelototi Jumlah Ikan Tiap Tahun, Ini Maksudnya
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan KKP Zulficar Mochtar - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) rajin mengukur potensi sumber daya perikanan di perairan nasional tiap tahun. Penting untuk merumuskan batas jumlah ikan yang boleh ditangkap secara berkala.

"Riset yang kami jalankan setiap tahun adalah melakukan stock assessment melalui pendekatan saintifik sehingga menentukan berapa jumlah ikan yang bisa diambil agar sumber daya perikanan tetap berkelanjutan," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan KKP Zulficar Mochtar di Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Kata Zulficar, hasil dari riset penilaian stok ikan itu juga penting selain untuk menjawab persoalan dari segi ilmiah, juga sebagai dasar membangun kebijakan.

Sebelumnya, KKP memperkirakan potensi perikanan tangkap di 11 wilayah pengelolaan perikanan yang tersebar di seluruh kawasan perairan Indonesia mencapai 9,9juta ton atau meningkat dari potensi 2011 sebesar 6,5juta ton.

Hal tersebut berasal dari stock assesment yang dilakukan sepanjang 2016 dengan cakupan 11 Wilayah Pengelolaan Perikanan.

Berdasarkan hasil itu, KKP mengeluarkan Kepmen KP Nomor 47/KEPMEN-KP/2016 tentang Estimasi Potensi, jumlah tangkapan yang diperbolehkan dan tingkat pemanfaatan sumber daya ikan di WPP NRI dengan estimasi potensi sebesar 9,9juta ton.

Pada 2017, Balitbang KP telah menganggarkan Rp736,5 miliar sebagai alokasi pagu untuk menjalankan kegiatan penelitian dan pengembangan kelautan dan perikanan yang meliputi pembangunan Piamari dan Miamari, melaksanakan stock assessment dan implementasi Sistem Informasi Nelayan Pintar di 7 pelabuhan.

Terkait dengan peningkatan stok ikan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai keberhasilan meningkatkan beragam jumlah spesies perikanan itu antara lain karena suksesnya kebijakan untuk memberantas pencurian ikan di kawasan perairan Indonesia.

Stok ikan yang melimpah juga bukanlah hanya kata-kata dirinya, karena berdasarkan teknologi citra satelit pada saat ini bisa diketahui tingkat kesuburan laut di kawasan perairan mana saja yang ada di beragam belahan dunia.

Hal itu juga selaras dengan tekad perempuan yang telah meraih gelar doktor honoris causa dari Universitas Diponegoro Semarang, yang menegaskan bahwa salah satu 'PR-nya' adalah menjaga kekayaan laut Indonesia dari tangan pencuri ikan.

Menteri Susi menegaskan kedaulatan teritorial laut dan pangan bangsa Indonesia tidak boleh lagi diinjak-injak oleh pihak asing. [tar]

 
x