Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 10:05 WIB

Akhir 2017, Bos OJK Optimistis Kredit Tumbuh 11%

Oleh : Ahmad Munjin | Sabtu, 9 September 2017 | 08:19 WIB
Akhir 2017, Bos OJK Optimistis Kredit Tumbuh 11%
Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan kredit perbankan sampai minggu kedua Agustus 2017 sudah mengalami peningkatan positif. Bagaimana proyeksinya hingga akhir 2017?

Regulator perbankan ini melihat ada potensi pertumbuhan kredit perbankan Agustus 2017 lebih dari 8,2%.

Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK mengatakan, pertumbuhan kredit Juli 2017 disumbang oleh tiga sektor yaitu investasi, modal kerja dan konsumsi.

"Diharapkan pertumbuhan kredit semester 2 bisa lebih tinggi dari semester 1," kata Wimboh dalam pembekalan pelatihan wartawan, di Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Lebih jauh dia menjelaskan, pihaknya belum mengeluarkan kebijakan khusus untuk mendorong pertumbuhan kredit. "Kita lihat lag-nya enam bulan, sejak suku bunga acuan diturunkan. Kita memonitor berdasarkan struktur suku bunga," papar Wimboh.

Dengan begitu, menurut dia, suku bunga perbankan menjadi kompetitif dibandingkan imbal hasil di pasar modal sehingga dengan sendirinya bunga kredit turun. "Itu kebijakan kita untuk mendorong suku bunga turun," ucapnya.

Sampai akhir tahun menurut Wimboh, bankir juga optimistis pertumbuhan kredit perbankan bisa mencapai 11% yoy. Sampai September menurut Wimboh pertumbuhan kredit akan kembali naik.

Meskipun secara yoy pertumbuhan kredit sudah menunjukkan potensi kenaikan, secara ytd atau dari awal tahun masih lemah. Hal ini menurut Wimboh disebabkan karena pertumbuhan kredit pada Desember 2017 biasanya paling kencang. [jin]

Komentar

 
x