Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 22:59 WIB

Lebak Diserang Kekeringan, Stok Pangan Terganggu?

Oleh : - | Senin, 11 September 2017 | 03:09 WIB
Lebak Diserang Kekeringan, Stok Pangan Terganggu?
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kekeringan kini melanda Kabupaten Lebak, Banten, namun kekeringan tersebut hingga kini belum menimbulkan kerawanan pangan karena pendistribusian beras untuk rakyat sejahtera atau rastra relatif normal.

"Kami menjamin persedian pangan di daerah itu mencukupi untuk dua bulan ke depan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak Dani Hendarman, Sabtu (9/9/2017).

Selama ini, kekeringan yang terjadi di Kabupaten Lebak belum menerima laporan warga mengalami kerawanan pangan.

Pemerintah daerah menjamin kekeringan di daerah itu tidak menimbulkan kerawanan pangan karena pendistribusian rastra untuk masyarakat berpenghasilan rendah dari Perum Bulog Divre Lebak-Pandeglang berjalan lancar.

Bahkan, pendistribusian rastra hingga ke 345 desa dan kelurahan tersebar di 28 kecamatan. Saat ini, persedian rastra melimpah dan tidak berpengaruh terhadap produksi pangan.

Kekeringan yang melanda persawahan sekitar 7.000 hektare, namun petani di sejumlah daerah tetap melaksanakan percepatan tanam.

Sebab, banyak lahan persawahan memiliki potensi sumber air sehingga bisa dilakukan penyedotan air permukaan bawah tanah juga daerah aliran sungai dengan menggunakan pompanisasi. "Kami yakin stok pangan dari Perum Bulog dan sejumlah pasar tradisional relatif cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya menjelaskan.

Kosim mengatakan, saat ini pendistribusikan rastra menembus 13.270 ton (69,40%) dari pagu 19.121 ton dengan penerima sebanyak 106.232 kepala keluarga di daerah itu.

Pendistribusian rastra tersebut untuk warga pemanfaat setiap kepala keluarga (KK) menerima masing-masing sebanyak 15 kilogram. Selain itu juga harga beras subsidi merupakan program pemerintah untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Kami mengapresiasi tingginya pendistribusian rastra hingga kini belum menerima laporan warga Kabupaten Lebak mengalami kesulitan pangan maupun kerawanan pangan," katanya.

Kepala Perum Bulog Divre Lebak-Pandeglang Renato Horison menyatakan stok pangan di daerah itu cukup untuk kebutuhan dua bulan ke depan,meski terjadi kekeringan.

Selama ini penyaluran rastra di wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang berjalan lancar dan tidak ada kendala. Namun, penyerapan beras dari petani lokal mengalami penyusutan akibat kemarau dan serangan hama wereng batang coklat.

Biasanya, penyerapan beras dari petani sekitar 150 sampai 200 ton per hari, namun saat ini menyusut drastis.

Saat ini, stok beras yang ada di Gudang Warunggunung sebanyak 5.500 ton dan cukup dua bulan mendatang."Penyaluran rastra itu agar tidak ditemukan warga kedua kabupaten itu tidak mengalami kerawanan pangan," katanya. [tar]

Komentar

 
x