Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 00:34 WIB

Harga Gas Elpiji Subsidi 3 Kg di Nunukan Rp45 ribu

Oleh : - | Senin, 11 September 2017 | 06:09 WIB
Harga Gas Elpiji Subsidi 3 Kg di Nunukan Rp45 ribu
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Nunukan - Kelangkaan gas elpiji subsidi tiga kilogram di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara menyebabkan harga melonjak tinggi hingga Rp40.000-Rp45.000.

Hal ini dikatakan Ali, warga Desa Bukit Aru Indah Kecamatan Sebatik Timur, Sabtu (9/9/2017) ketika menanyakan ketersediaan gas elpiji tiga kilogram di pulau yang berbatasan langsung dengan Negeri Sabah, Malaysia itu.

Kenaikan harga hingga 100 persen itu akibat langkanya gas yang disubsidi pemerintah pusat dari harga sebelumnya hanya berkisar Rp20.000 saja.

Ali mengatakan, masyarakat di wilayah perbatasan RI dengan Malaysia di Pulau Sebatik tidak mempermasalahkan naiknya harga cukup tinggi asalkan stok ada.

Namun harga telah tinggi pun pasokan juga tidak ada sama sekali sehingga dia meminta pemerintah memperlancar pasokan gas elpiji tiga kilogram tersebut masuk ke wilayah itu.

Kondisi yang sama berlangsung di Pulau Nunukan Kabupaten Nunukan, sejak tiga hari lalu gas elpiji tersebut ikut langka seperti yang diutarakan Arman, warga Jalan Pelabuhan Baru Kelurahan Nunukan Timur Kabupaten Nunukan.

Kelangkaan ini menyebabkan masyarakat ekonomi lemah yang terlanjur menggantungkan diri pada penggunaan gas elpiji tiga kilogram sangat kesulitan untuk memasak.

"Masyarakat di perbatasan ini akhir-akhir ini sangat sulit dapatkan gas (elpiji) tiga kilogram. Akibatnya susah memasak maka terpaksa beli minyak tanah yang harganya Rp15.000 per liter untuk memasak," ujar dia. [tar]

 
Embed Widget

x