Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 00:37 WIB

BI: Tahun Ini, Subung AS tak Akan Naik Lagi

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 11 September 2017 | 14:50 WIB
BI: Tahun Ini, Subung AS tak Akan Naik Lagi
Deputi Senior BI, Mirza Adityswara - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) yakin bahwa The Fed tidak akan menaikkan suku bunga (subung) pada tahun ini. Alasannya, perekonomian AS di bawah ekspektasi para pelaku pasar.

"Karena (ekonomi AS) diperkirakan lebih cepat dari perkiraan maka suku bunga AS naik lebih cepat dari perkiraan. Tapi kan ternyata ekonomi AS tumbuh tapi tidak tumbuh secepat perkiraan. Agak melandai," kata Deputi Senior BI, Mirza Adityswara dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Awalnya, kata Mirza, sejak awal tahun AS diduga bakal menaikan Fed Rate hingga naik 4-5 kali. Namun, sejauh ini AS baru menaikan suku bunga sebanyak 3 kali. Bahkan sejauh ini, pihaknya melihat bahwa AS agaknya sulit untuk kembali menaikan suku bunganya dalam waktu dekat. "September dan Desember (Suku bunga AS) kemungkinan tidak akan naik lagi," kata Mirza.

Desember nanti, kata Mirza change untuk naik sudah 30%. Itu membuat dolar AS kurang menarik karena suku bunganya tidak jadi naik dan ekonomi AS tidak tumbuh lebih tinggi dari perkiraan. "Itu semua membuat tren pembalikan, ekspektasi orang terhadap dolar AS. Dolar AS terhadap mata uang global menurun, termasuk ke rupiah yang menjadi lebih kuat, dan capital inflow ke Indonesia kembali meningkat," kata Mirza. [ipe]

 
x