Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 12:28 WIB

Lembaga Ini Butuh PNS yang Kreatif & Punya Passion

Oleh : Uji Sukma Medianti | Senin, 11 September 2017 | 17:18 WIB
Lembaga Ini Butuh PNS yang Kreatif & Punya Passion
Sekretaris Utama Bekraf, Mesdin Kornelis Simarmata - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi 93 posisi. Tapi ada syaratnya.

Sekretaris Utama Bekraf, Mesdin Kornelis Simarmata, menjelaskan, mekanisme perekrutan ini sama dengan semua ketentuan umum dalam proses seleksi CPNS nasional. "Semua ketentuan umum dalam proses seleksi nasional kita ikuti," jelas Mesdin di Kantor Bekraf, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Diantaranya yaitu, harus mengalokasikan orang asli Papua dan Papua Barat, disabilitas, dan harus merekrut secara sengaja lulusan cumlaude. "Ini ketentuan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB)," terangnya.

Dia menekankan, untuk menempati 93 posisi itu, dibutuhkan, orang-orang yang memiliki passion tinggi dibidang kreatif. "Yang datang ke Bekraf adalah lulusan yang punya passion dalam ekonomi kreatif," jelasnya.

Mesdin menerangkan, formasi dari CPNS yang dibuka terdiri dari D3 untuk enam posisi, S1 untuk 87 posisi, lulusan cumlaude 10 orang, disabilitas 1 orang, putra dan putri Papua 1 orang, dan untuk umum 82 orang.

Dia menambahkan, untuk sistem penggajiannya, juga mengikuti aturan pemerintah. Dimana, untuk lulusan D3 maka masuk penggajian PNS golongan 2B, sedangkan kalau lulusan S1 masuk ke golongan 3A.

Sebagai lembaga baru yang mulai dibentuk pada pemerintah Presiden Joko Widodo, Bekraf mendapatkan alokasi CPNS tahun ini sebanyak 100 posisi.

Namun, khusus untuk 7 posisi yang dibutuhkan, Bekraf mengambil dari Kementerian Keuangan yang juga berasal dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

"Jadi mereka ada (yang dari lulusan) STAN, dan kita minta ke Kemenkeu kalau bisa memberikan lulusan STAN-nya ke Bekraf. Tujuh orang ini akan memegang hal yang berkaitan dengan keuangan, mulai auditor sampai pengelolaan keuangan," terangnya.

Adapun, sampai saat ini, jumlah seluruh pegawai lembaga yang diketuai Triawan Munaf ini, adalah sebanyak 477 pegawai yang terdiri dari Aparat Sipil Negara (ASN) ada 107, sedangkan pegawai PTT/honorer 335, pramubakti seperti driver dan OB 35 orang.

Pendaftaran bisa dilakukan mulai hari ini, 11 September 2017. Bagi yang berminat mendaftar, silahkan mengunjungi website www.bekraf.go.id/berita/page/17/pengumuman-penerimaan-cpns-bekraf. [ipe]

Tags

 
x