Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 21:54 WIB

SMI: Suku Bunga Turun, Daya Beli Mestinya Naik

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 11 September 2017 | 18:50 WIB
SMI: Suku Bunga Turun, Daya Beli Mestinya Naik
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap daya beli masyarakat atau konsumsi menguat pada tahun depan. Seiring turunnya suku bunga acuan, atau BI 7-day Reverse Repo Rate ke level 4,5%.

"Kita lihat suku bunga sudah turun, itu pengaruhi pertumbuhan kredit dan ciptakan daya beli," ujar Sri Mulyani di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Dengan meningkatnya penyaluran kredit perbankan, lanjut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini maka akan muncul lapangan kerja baru untuk masyarakat karena perusahaan-perusahaan melakukan investasi baru. "Pemerintah juga jaga kelompok tidak mampu, seperti jaga sosial spendingnya supaya tepat waktu, tepat sasaran," papar Sri Mulyani.

Menurutnya, saat ini, konsumsi rumah tangga untuk kelas menengah masih tetap tumbuh, meski peningkatannya tidak sebesar tahun lalu yang mencapai 10% dan sekarang hanya tumbuh 8%. "Kalau dari sisi harga administered price tidak akan berubah, maka daya beli akan sembuh atau pulih kembali," ucap Sri Mulyani. [ipe]

Komentar

 
x