Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 08:38 WIB

Kuliner Dominasi Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 12 September 2017 | 12:27 WIB
Kuliner Dominasi Pertumbuhan Ekonomi Kreatif
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kontribusi sektor kuliner dalam ekonomi kreatif mendominasi dibandingkan sektor lainnya.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, menerangkan, kontribusi ekonomi kreatif tahun ini diperkirakan mencapai Rp70 triliun. Sebesar 41,6% terdiri dari sektor kuliner, sedangkan fashion 16%, dan sektor kriya 15,7%. "Saya yakin peningkatan mereka lebih besar lagi," kata Triawan di kantornya, Senin (12/9/2017).

Triawan menjelaskan, ada sektor lain yang segmennya lebih kecil. Akan tetapi, sektor ini dijadikan prioritas yakni film, apps, games dan musik. Bila sektor-sektor ini dikembangkan, kata Triawan, bukan saja akan meningkatkan pendapatan pelakunya secara ekonomis tetapi perhitungan PDB di Badan Pusat Statistik juga akan berubah. "Kami ada lakukan revisi terhadap cara menghitung kontribusi mereka," jelasnya.

Misalnya, lanjut dia, Bekraf ingin dibidang musik bukan hanya terfokus pada penjualan kaset atau CD tapi juga download dan pertunjukan band musik. "Dan (pertunjukan musik) itu belum dihitung. Angka-angka yang ada di BPS itu sebetulnya bisa lebih baik lagi," terangnya. [hid]

 
Embed Widget

x