Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 06:15 WIB

Jokowi Jabarkan Cara Sejahterakan Petani

Oleh : - | Selasa, 12 September 2017 | 19:05 WIB
Jokowi Jabarkan Cara Sejahterakan Petani
Presiden Joko Widodo - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta- Presiden Joko Widodo, perintahkan menteri terkait untuk mengubah paradigma jika ingin meningkatkan kesejahteraan petani.

Dalam rapat terbatas (ratas) yang digelar pada Selasa (12/9/2017), di Kantor Presiden, Jokowi menuturkan petani mestinya harus bisa menyentuh sektor hilir atau agroindustri. "Kalau kita ingin memberikan keuntungan yang besar untuk petani, sekali lagi paradigma kita harus kita ubah, harus masuk ke sektor bisnisnya, sektor agrobisnisnya," ujar Jokowi.

Dalam rapat yang juga dihadiri Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman itu, Jokowi menekankan petani mestinya bisa memiliki aplikasi produksi yang modern seperti penggilingan. "Ini harganya juga tidak mahal kalau di-back up oleh perbankan asal hitung-hitungnya feasible, asal bank masuk ke sana dan dihitung bankable," tuturnya.

Dalam hal kesejahteraan petani, lanjut Jokowi, masalah nilai tukar petani merupakan yang paling fundamental. "Kalau kita lihat sekian tahun ke belakang, kita selalu berkutat pada on farm-nya," ungkapnya.

Jokowi ingin, petani bisa melakukan sektor budidaya mulai dari pengolahan bibit sampai dengan menghasilkan panen.

"Kita lupa petani akan mendapatkan keuntungan yang besar sebenarnya dari proses bisnisnya, dari proses agrobisnisnya bukan karena di sektor budidayanya. Sekali lagi nilai tambah tinggi, nilai tambah yang besar berada di proses bisnisnya, proses agro bisnisnya," jelasnya.

Meski begitu, Presiden mengaku bahwa ia tidak menyepelekan sektor budidaya yang terkait dengan benih, pupuk hingga insektisida. [tar]

Komentar

 
x