Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 05:59 WIB

KESDM Sederhanakan Izin Sektor Pertambangan

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 12 September 2017 | 18:45 WIB
KESDM Sederhanakan Izin Sektor Pertambangan
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan sederhanakan ratusan perizinan di sektor pertambangan.

Penyederhanaan perizinan ini akan disusun dalam rancangan Peraturan Menteri tentang Rencana Kegiatan dan Anggaran Biaya (RKAB).

Staf Ahli Bidang Hukum dan Perundang-undangan Kementerian ESDM, Sony Heru Prasetyo, menjelaskan setelah melakukan kajian ada lebih dari seratus izin di sektor pertambangan. "Setelah kita kaji, dari lebih dari seratus izin di sektor pertambangan," jelas Sony di Makassar, Senin (11/9/2017).

Sony menjelaskan pihaknya telah mencoba menggabungkan 38 izin menjadi tujuh izin, dan dari tujuh itu bisa menjadi satu. Namanya dokumen RKAB. RKAB tersebut, kata dia, dapat untuk mengurus perizinan ke institusi lain, misalnya terkait izin menggunakan bahan peledak dan tenaga kerja asing.

Untuk memperoleh izin menggunakan bahan peledak, perusahaan tambang perlu mengurus izin ke Kepolisian dan untuk itu dibutuhkan rekomendasi dari Kementerian ESDM.

Nantinya dengan RKAB, rekomendasi tidak lagi dibutuhkan, perusahaan hanya perlu menunjukkan dokumen RKAB tersebut. "Jadi tanda tangan dirjen dan kadis mengikat secara hukum dan dapat digunakan untuk mengusur perizinan di instansi lain," imbuhnya.

Permen RKAB tersebut, lanjutnya, maksimal disahkan pada akhir September mendatang, karena pada bulan Oktober proses perizinan diharapkan sudah memakai RKAB. [tar]

Komentar

 
x