Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 21:54 WIB

Anak Buah Rini Jelaskan PMN di BUMN Rugi

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 12 September 2017 | 17:00 WIB
Anak Buah Rini Jelaskan PMN di BUMN Rugi
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak terima jika disebut Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merugi setelah mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN).

Hal ini merespons pernyataan Menteri Keuangan, Sri Mulyani yang mengatakan bahwa ada BUMN yang setelah mendapat PMN justru mengalami kerugian.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius K.Ro, mengatakan PMN yang diberikan bukan semata-mata untuk mencari keuntungan atau laba bagi BUMN tersebut, namun untuk melakukan investasi perusahaan BUMN tersebut.

"Karena ini investasi maka tidak serta-merta ada profit," kata Aloy sapaan akrabnya di Kantor BUMN, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Dengan kata lain, jelas Aloy, pemberian PMN yang dilakukan pada 2016 sebesar Rp41,81 triliun tidak serta merta langsung memberikan keuntungan. Tetapi membutuhkan beberapa waktu, lantaran investasi yang dilakukan belum memiliki imbal hasil.

Apalagi hampir sebagian besar dana PMN tersebut kata Aloy diberikan pada akhir tahun, dan proses pelelangan baru terjadi pada awal tahun 2017. "Proses ini harus diselesaikan. Sehingga banyak diketahui hambatan. Hasilnya baru mulai bangun dan ketahuan nanti. Secara langsung investasi tidak ada hubungan dengan profit," ujarnya. [uji]

Komentar

 
x