Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 00:43 WIB

Penyaluran KUR Bank Pelat Merah Ini Masih Rendah

Oleh : - | Rabu, 13 September 2017 | 01:29 WIB
Penyaluran KUR Bank Pelat Merah Ini Masih Rendah
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Memasuki triwulan akhir, PT Bank Rakyat Indonesia Persero (Persero) Tbk baru menebar Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp46,7 triliun. Atau 65,8% dari kewajiban KUR perseroan di 2017 sebesar Rp71 triliun.

"Kami optimistis mampu menyalurkan sesuai target (Rp71 triliun) yang telah ditetapkan hingga akhir tahun," kata Sekretaris Perusahaan BRI, Hari Siaga Amijarso di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Sebanyak 40% atau setara Rp18,4 triliun dari Rp46,7 triliun tersebut, kata Hari, disalurkan ke sektor produktif. Di sisa tahun, BRI mengklaim akan terus mendorong penyaluran KUR sektor produktif dengan menjangkau kelompok petani dan nelayan serta komunitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Untuk jaringannya, BRI akan memanfaatkan 103 ribu agen BRILink untuk menjangkau nasabah KUR yang lebih banyak. "Strategi itu untuk penyaluran KUR agar memiliki multiplier effect (manfaat ekonomi berlipat) yang maksimal mendorong pertumbuhan ekonomi," ujar Hari.

Sejak KUR disulirkan pada Agustus 2015, BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp132,4 triliun kepada lebih dari 7,4 juta debitur baru. "Jumlah ini menjadikan BRI sebagai bank penyalur KUR terbesar di Indonesia," cetus Hari.

BRI merupakan salah satu lembaga penyalur KUR dengan alokasi terbesar dari pemerintah. Program KUR ditujukan untuk memudahkan akses pembiayaan kepada pelaku usaha UMKM.

Sektor UMKM mempunyai tingkat penyerapan tenaga kerja 97 persen dari seluruh tenaga kerja nasional dan berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sekitar 57%. [tar]

Tags

 
x