Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 00:40 WIB

Darmin Optimis Ekonomi Bisa Tumbuh 5,2%

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 13 September 2017 | 15:09 WIB
Darmin Optimis Ekonomi Bisa Tumbuh 5,2%
Menteri Koodinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution - (Foto: Inilahcom/M Fadil Djaelani)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta- Menteri Koodinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution yakin ekonomi bisa tumbuh 5,2% sesuai target APBNP 2017.

Keyakinan Darmin, berbanding terbalik dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati yang sedikit pesimistis, dia bilang target ekononi pada tahun ini maksimal tumbuh diangka 5,17%, lebih rendah dari target APBN-P 2017.

"APBN-P 2017 sebesar 5,2% mudah-mudahan bisa direalisaikan untuk tahun ini," kata Darmin sampai rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Rabu (13/9/2017).

Darmin bilang kondisi ketidapastian ekonomi global masih menjadi momok ekonomi dalam negeri, sehingga akselarasi ekonomi sepanjang tahun 2017 kurang begitu maksimal. "Memang periode yang penuh dengan perubahan dan ketidakpastian di dalam perekonomian dunia, sehingga kita sedikit banyak pasti terpengaruh dengan hal ini," katanya.

Namun, kata dia, perkembangan dalam beberapa bulan terakhir, di kuartal 2 dan 3 terakhir menunjukkan bahwa ekspor Indonesia sudah semakin membaik, investasi juga sudah semakin membaik, sehingga pertumbuahn juga motor penggeraknya semakin komplit.

Bagaimana pun suatu perekonomian perlu ditopang oleh 4 pilar sebetulnya untuk bisa berkembang dengan optimum. Pertama adalah konsumsi rumah tangga, yang kedua adalah investasi, yang ketiga adalah ekspor-impor, keempat adalah pengelauran pemerintah.

"Kalau kita lihat dari 4 motor penggerak itu, sebetulnya tinggal pengeluaran pemerintah yang belum mencapai posisi yang optimum," katanya.

"Mudah-mudahan kuartal-kuartal ke depan kita bisa mewujudkannya. Dan kalau itu bisa dihidupkan, sementara tiga yang lain sudah bergerak baik, maka kita bsia berharap pertumbuhan kita memang akan bergerak di atas yang terjadi sampai tahun ini," tambahnya.

Sebelumnya, Sri Mulyani mulai tak bersemangat menatap ekonomi di sisa tahun 2017, pasalnya wanita kelahiran Bandar Lampung 26 Agustus 1962 tersebut lagi-lagi memangkas proyeksi target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini menjadi 5,17% dari 5,2% yang ditargetkan dalam APBN-P 2017.

Hal tersebut disampaikan Sri Mulyani ketika rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, di Gedung DPR RI, Kamis lalu (7/9/2017). "Dalam prognosis 2 kuartal ke depan, dari Kementerian Keuangan kita melihatdown sidedanup sideyang optimistis 2017 kita mendekat 5,17% sampai akhir tahun," katanya.

Tak dijelaskan secara rinci mengapa pemerintah lagi-lagi pesimistis dengan target pertumbuhan ekonomi pada tahun ayam api ini.

Meski begitu angka 5,17% merupakan angka yang cukup baik dan tidak terlalu jelek, namun perlu kerja keras untuk mencapainya. [uji]

 
Embed Widget

x