Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 02:13 WIB

DPR Minta Dana Pengendalian Karhutla Naik di 2018

Oleh : - | Kamis, 14 September 2017 | 09:17 WIB
DPR Minta Dana Pengendalian Karhutla Naik di 2018
(Foto: Inilahcom/Dok)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)meminta Kementerian Lingkungan Hidup danKehutanan memberikan alokasi anggarantambahan untukpengawasan, pencegahan, dan penanggulangan bencana kebakaranhutan dan lahan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo dalamrapat kerja (Raker) dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya di DPR, Jakarta (13/09/2017).

"BulanAgustus 2018, Indonesia akan menjadi tuanrumah penyelenggaraan Asian Games,jangan sampaipelaksanaannya terganggu oleh bencana asap akibatkebakaran hutan danlahan, untuk itu perlu kiranyaditingkatkan upaya dan anggaran pengendalian kebakaranhutan dan lahan di KLHK", ungkap Edhy.

Pada AnggaranPendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2018,KementerianLingkungan Hidup dan Kehutanan mendapat alokasianggaran sebesar Rp8,03 triliun. Anggaran tersebutbersumber dari Rupiah Murni Rp6,5 triliun, PenerimaanNegara BukanPajak Rp1,12 triliun, Hibah Luar Negeri Rp226,6 miliar dan Surat Berharga SyariahNegara (SBSN)Rp51,4 miliar.

Selain anggaran pengendalian karhutla,yang menjadi perhatian Komisi IV lainnya adalahDanaAlokasi Khusus (DAK) Bidang Lingkungan Hidup danKehutanan pada APBN Tahun2018 sebesar Rp500,72 miliar.Komisi IV merasa perlu untuk melakukan pendalamangunamembahas kriteria teknis DAK dan alokasi perdaerah, serta mendorong untukadanya mekanisme perencanaanpengendalian DAK bidang Lingkungan Hidup danKehutanan bersama Badan Anggaran DPR RI.

Untuk itu, MenteriSiti Nurbaya bersepakat dengan Komisi IV untuk melakukanFocusGroup Discussion (FGD) untuk membahas lebihdetailterkait anggaran serta programPerhutanan Sosial danTanah Obyek Reforma Agraria.

Tags

Komentar

 
x