Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 00:36 WIB

Menteri Hanif Ingin SDM RI Lebih Diperhatikan

Oleh : - | Kamis, 14 September 2017 | 11:51 WIB
Menteri Hanif Ingin SDM RI Lebih Diperhatikan
Menteri Ketanagakerjaan Hanif Dhakiri - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Ketanagakerjaan Hanif Dhakiri memandang sumber daya manusia Indonesia harus lebih diutamakan untuk diberdayakan dan dikembangkan secara optimal dari pada fokus dalam mengeksploitasi sumber daya alam yang ada di berbagai daerah.

"Ini sudah saatnya kita bergeser, biar tidak seperti model penjajah yang mencari negara dengan kekayaan alam, tapi bertransformasi ke manusia, sumber daya manusia," kata Menteri Hanif di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Politisi PKB itu mengingatkan bahwa pada tahun 2017 ini, Indonesia memiliki 131 juta angkatan kerja, yang sekitar 60% merupakan lulusan SD dan SMP.

Selain itu, ujar dia, Indonesia juga bakal mengalami bonus demografi pada tahun 2030 dimana diperkirakan SDM usia produktif dapat mencapai hingga sekitar 70%.

Untuk itu, Kementerian Ketenagakerjaan juga berupaya untuk semaksimal mungkin menerjemahkan visi Nawacita yang dikonsepkan oleh Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut, lanjutnya, juga dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Indonesia agar terus mampu bersaing di tingkat global.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menginginkan berbagai pihak termasuk generasi muda untuk tidak takut menghadapi tantangan globalisasi.

Untuk itu, ujar Zulkifli Hasan, sudah selayaknya para mahasiswa dan generasi muda optimistis dalam menghadapi era globalisasi dan kemajuan teknologi karena fakta sejarah menunjukkan bahwa bangsa yang maju adalah mereka yang menguasai ilmu pengetahuan dengan terus belajar pantang menyerah.

"Lewat teknologi, sekarang siapapun bisa belajar apa saja dimana saja. Gerbang Ilmu pengetahuan terbuka bagi mereka yang mau belajar, pantang menyerah dan mau membuka diri untuk hal baru," papar Ketua MPR.

Untuk itu, ia juga mendorong generasi muda di berbagai daerah di Tanah Air menumbuhkan diri dengan berbagai hal yang meningkatkan beragam aspek kreativitas dan inovasi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meminta mahasiswa harus memahami peluang dan tantangan pada era globalisasi.

"Persaingan dalam era globalisasi akan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia dalam mengelola potensi bangsa dan negaranya untuk dapat bersaing," kata Menko PMK.

Puan menjelaskan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia terbagi menjadi tiga agenda strategis yang dilaksanakan untuk dapat mengembangkan potensi rakyat Indonesia.

Hal tersebut ialah menjamin pemenuhan kebutuhan dasar, meningkatkan kapabiltas manusia Indonesia, serta membangun karakter bangsa. [tar]

 
x