Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 13 Desember 2017 | 23:40 WIB

PT SAL 2&3 Siap Replanting 1.000 Ha Sawit di Jambi

Oleh : Iwan purwantono | Sabtu, 16 September 2017 | 09:09 WIB
PT SAL 2&3 Siap Replanting 1.000 Ha Sawit di Jambi
Administrator PT Sari Aditya Loka (SAL) 2&3, Azhar Rahman - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Bungo - Peremajaan tanaman (replanting) kelapa sawit di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi mendesak dilakukan. Namun, biayanya mahal. Kalau tak segera dilakukan, industri bakal kesulitan bahan baku.

Administrator PT Sari Aditya Loka (SAL) 2&3, Azhar Rahman mengaku tengah mempersiapkan skema program replanting di sekitar kawasan PT SAL 2&3 yang merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI).

Tahun depan, SAL2&3 ingin memulai program replanting untuk areal sawit seluas 1.000 hektar. "Saat ini, kita intensif melakukan pembicaraan. Insha Allah, tahun depan kita mulai seribu hektar dulu. Alhamdulillah seluruh pihak mendukung termasuk pemerintah daerah," papar Azhar di Kantor SAL 2, Kabupaten Bungo, Jambi, Jumat (15/9/2017).

Masih menurut pria berdarah Aceh ini, SAL 2&3 siap menjadi offtaker dari replanting. Di mana, program replanting diperkirakan menelan dana Rp69 juta per hektar. Dalam program ini, perusahaan siap menalangi dana dan memberikan pendampingan teknis kepada kelompok petani sawit yang akan melakukan replanting. "Nantinya kita akan bahas ke pusat untuk dibicarakan lebih lanjut. Selain itu, kita perlu bicara dengan banyak pihak, misalnyya BPDP Sawit dan lembaga keuangan. Yang jelas kami juga siap," papar Azhar..

Saat ini, lanjut Azhar, luasan perkebunan sawit di sekitar PT SAL 2&3 mencapai 22 ribu hektar. Di mana, seluas 18 ribu hektar dimiliki petani plasma, sisanya yang 4 ribu hektar dimiliki petani swadaya. "Program replanting ini, periodisasinya sejak tanaman baru hingga panen pertama. Saat ini, sudah ada 4 atau 5 KUD yang berminat. Kita sudah melakukan berbagai persiapan awal. Kamipun siap menjadi operatornya," lanjut Azhar.

Agar program replanting bisa digelar cepat, kata Azhar, perusahaan akan melakukan studi ke Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Daerah ini akan menjadi proyek percontohan bagi program replanting di tanah air. "Yang jelas kami serius. Ini semuanya untuk mendorong produktivitas, ujung--ujungnya untuk kesejahteraan petani sawit juga dong," pungkasnya. [ipe]

Komentar

 
x