Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Januari 2018 | 10:53 WIB
 

Lampung Meraup Untung dari Kopi

Oleh : - | Selasa, 19 September 2017 | 13:12 WIB
Lampung Meraup Untung dari Kopi
Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Lampung - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo bilang, Hari Kopi Sedunia yang dipusatkan di Provinsi Lampung, 29 September hingga 1 Oktober 2017, merupakan ajang promosi kopi robusta daerahnya.

"Aneka acara digelar untuk mempromosikan kopi robusta Lampung, termasuk minum kopi gratis bagi yang hadir pada Hari Kopi Internasional tersebut," kata Ridho di Bandarlampung, Selasa (19/9/2017).

Selain acara yang dikemas oleh panitia, perayaan Hari Kopi Internasional digelar di berbagai kafe, restoran, rumah makan, dan tempat kuliner lainnya dengan menawarkan kopi robusta Lampung kepada tamu.

Target kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pertumbuhan konsumsi lokal kopi Lampung. Pemprov Lampung mendorong masyarakat Lampung usia dewasa mengonsumsi berbagai rasa dan varian dari daerah ini.

Ridho menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan upaya mengingatkan kembali program rehabilitasi kopi yang dicanangkan Wakil Presiden RI pada tahun 2014. Pencanangan itu menargetkan produktivitas kopi Lampung dapat meningkat di atas 1 ton per hektar. "Kita berharap ada penggantian tanaman kopi yang berumur di atas 30 tahun dengan tanaman kopi yang lebih produktif," kata Ridho.

Selain peningkatan kesejahteraan petani kopi melalui teknologi budi daya, kegiatan pertama di Lampung ini juga ingin menumbuhkan destinasi wisata kopi. Perkebunan yang baik akan menjadi daya tarik wisata.

"Perkebunan kopi dapat dijadikan destinasi wisata. Hal ini sejalan dengan tiga program prioritas pembangunan Lampung, pertanian, industri, dan pariwisata," ujar gubernur yang akrab dengan pengusaha Gulaku ini.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung Tony L. Tobing mengatakan bahwsa Hari Kopi Internasional ini bakal diisi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dan komunitas penikmat kopi, baik dari dalam maupun luar Lampung.

Sejumlah negara buyer Eropa, Asia, dan Amerika menyatakan siap hadir, termasuk para duta besar negara sahabat.

Rangkaian acara dimulai pada hari Jumat (29/9) pukul 19.00 di Paradise Hall, Hotel Novotel, dengan mengundang peserta dan masyarakat untuk menikmati lebih dari 1.000 cup kopi gratis. "Acaranya dikemas rileks agar tercipta suasana menikmati kopi sesungguhnya. Ada pagelaran tari dari Kabupaten Lampung Barat. Sebagai penghasil kopi robustas terbaik, Lampung Barat bakal tampil all out di acara ini," kata Tony.

Keesokan harinya, Sabtu (30/9), peserta diajak berwisata kopi ke kebun PT Nestle, Pekon Negeri Agung, Kecamatan Talangpadang, Tanggamus.

Di sana peserta mendapat penjelasan tentang budi daya kopi berstandar internasional. Perseroan Terbatas (PT) Nestle Indonesia akan membagikan 60.000 bibit kopi unggul yang mampu menghasilkan 1 ton per hektar. [tar]

Komentar

 
x