Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 07:36 WIB

Konsumsi Listrik PLN Berkurang Di Sektor Industri

Oleh : Uji Sukma Medianti | Rabu, 20 September 2017 | 01:29 WIB
Konsumsi Listrik PLN Berkurang Di Sektor Industri
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Konsumsi listrik bagi pelanggan industri hanya mampu tumbuh 2,2% pada semester I -2017. Angka ini lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang bisa tumbuh 5%.

Pertumbuhan ini seiring dengan target pertambahan pengguna listrik industri yang hanya mampu mencapai 63% per Agustus 2017 dari target pada tahun yang sama.

"Target pertambahan pelanggan industri tidak tercapai, bahkan ada beberapa pelanggan industri yang berhenti menjadi pelanggan," kata Ahmad Rofiq, Direktur Bisnis Maluku dan Papua, PT PLN (Persero) di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Disamping itu, kata Rofiq, beberapa pelanggan industri memilih untuk migrasi menjadi pelanggan dengan daya lebih rendah. Alasannya, karena pertumbuhan industri itu sendiri seperti kendala produksi atau pasar.

Sementara itu, masih kata Rofiq, pelanggan juga membangun pembangkit sendiri dan paralel dengan pembangkit milik PLN.

"Dengan maraknya pelanggan potensial membangun pembangkit sendiri kemudian paralel dengan PLN, maka potensi pelanggan mengurangi konsumsi listrik PLN per bulan kurang lebih 188.215.009 kWh," jelas dia.

Disamping itu juga, pertumbuhan impor barang jadi dan setengah jadi sampai dengan Mei 2017 hanya mampu tumbuh 15,6%, turut menyebabkan industri dalam negeri tertekan.

"Angka impor barang jadi dan setengah jadi dari luar negeri membuat industri dalam negeri mengalami tekanan, sehingga mengakibatkan turunnya konsumsi tenaga listrik," jelasnya. [fdl]

Komentar

 
x