Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 11:06 WIB

Pelabuhan Benoa Bali Layani Pembayaran Elektronik

Oleh : Dewa putu sumerta | Rabu, 20 September 2017 | 05:29 WIB
Pelabuhan Benoa Bali Layani Pembayaran Elektronik
(Foto: Inilahcom/Dewa Putu)
facebook twitter

INILAHCOM, Denpasar - Pelabuhan Benoa, Bali, kini melayani transaksi digital, melalui kerja sama PT Pelindo III (Persero) dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Sinergi kedua BUMN ini, menelorkan kartu khusus yang berfungsi sebagai uang elektronik, yakni e-Port yang disokong alat pembayaran digital BNI yakni BNI TapCash.

Bertempat di area terminal penumpang Kantor Pelindo III Benoa, Denpasar, Selasa (19/9/2017), Kartu TapCash E-Port diluncurkan. Disaksikan Direktur Utama Pelindo III IGN Askhara Danadiputra, Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer dan Pimpinan BNI Kantor Wilayah Bali NTB & NTT, Putu Bagus Kresna.

Kresna menyatakan, kerja sama ini merupakan rangkaian tindak lanjut dari Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Implementasi Sistem Pembayaran Elektronik di Pelindo III di Semarang (2/8/2017). "Hal ini merupakan langkah awal kedua korporasi untuk mengembangkan transaksi non tunai di pelabuhan-pelabuhan kawasan Indonesia Timur," ucap Kresna.

Menurut Kresna, kerja sama ini merupakan bentuk dukungan BNI terhadap program Bank Indonesia (BI) yang menggagas Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan Pelindo III dalam hal penggunaan uang elektronik.

Di mana, penggunaan Kartu TapCash E-Port ini diharapkan mampu mengurangi antrian saat pembayaran di gerbang masuk ke pelabuhan. "Kartu ini juga lebih efisien karena tidak perlu menyiapkan uang kembalian, dan seluruh transaksi dapat terekam dengan baik," ungkap Kresna.

Selama ini, ada sekitar 15.000 kendaraan yang keluar masuk Pelabuhan Benoa tiap hari. Mulai dari truk hingga kendaraan roda dua. Mereka merupakan target pengguna e-Port, tahap awal.

Kartu e-Port merupakan alat pembayaran elektronik berbentuk kartu yang dikhususkan bagi pengguna jasa pelabuhanan di lingkungan Pelindo III. Selain sebagai alat bayar, e-Port berfungsi sebagai alat transaksi, serta identitas.

Kalau mau melakukan pengisian ulang (top-up), tak perlu khawatir. Bisa dilakukan di ATM BNI berlogo TapCash, Kantor Cabang BNI, BNI SMS Banking, Alfamart, serta Electronic Data Capture (EDC) yang disediakan di pelabuhan.

"Kami berharap BNI dapat terus berperan aktif di dalam sistem operasional pembayaran jasa-jasa pelabuhan dengan memberikan kemudahan channel pembayaran. Untuk kemudahan transaksi perusahaan, kami juga telah menyediakan Cash Management System," kata Kresna. [ipe]

Komentar

 
x