Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 11:12 WIB

Pelindo III Poles Pelabuhan Benoa dengan e-Port

Oleh : Dewa putu sumerta | Rabu, 20 September 2017 | 10:11 WIB
Pelindo III Poles Pelabuhan Benoa dengan e-Port
(Foto: Inilahcom/Dewa Putu)
facebook twitter

INILAHCOM, Denpasar - Pelabuhan Benoa Bali merupakan pelabuhan ketiga yang menerapkan pembayaran elektronik, e-Port. Transformasi layanan Pelindo III dari sistem manual ke digital.

Direktur Utama PT Pelindo III, IGN Askhara Danadiputra, mengatakan, implementasi e-port diharapkan bisa mempercepat pelayanan transaksional di pelabuhan, serta mendukung penggunaan uang elektronik seiring dikeluarkannya kebijakan pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) tentang pengurangan penggunaan uang tunai (cashless), atau juga dikenal dengan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT).

"Pembayaran di gate atau pintu masuk Pelabuhan Benoa menggunakan E-Port ini sendiri diharapkan mempermudah setiap pengunjung yang datang ke Pelabuhan untuk berbagai urusan dan kegiatan, sehingga tidak perlu repot membawa uang pecahan kecil lagi tinggal tap saja di gate lalu masuk," ucap Askhara, Selasa (19/9/2017).

Untuk diketahui, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa Kepelabuhan. Pelindo III selama ini mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 propinsi diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, NTB, NTT, serta memiliki 10 anak perusahaan dan afiliasi.

Dalam mengimplementasikan e-port tersebut, Pelindo III menggandeng BUMN perbankan yang selama ini sudah bekerja sama. Diantaranya adalah Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank BRI. [ipe]

Komentar

 
x