Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 12:45 WIB

Siti Nurbaya Sosialisasikan Perhutanan Sosial

Oleh : Uji Sukma Medianti | Sabtu, 23 September 2017 | 15:09 WIB
Siti Nurbaya Sosialisasikan Perhutanan Sosial
Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), Siti Nurbaya Bakar - (Foto: inilahcom/Didik S)
facebook twitter

INILAHCOM, Pemalang- Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), Siti Nurbaya Bakar, lakukan sosialisasi perhutanan sosial di kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Sabtu (23/9/2017).

Dijelaskan Siti, perhutanan sosial merupakan program pemberdayaan masyarakat yang sudah dirintis sejak 2007. Di mana masyarakat bisa mengelola hutan milik Perum Perhutani maupun milik pemerintah mulai dari kesiapan teknis sampai pemasaran selama 35 tahun.

Diakui Siti, saat ini, program kehutanan sosial lebih ditingkatkan lagi dengan menggaet lahan milik Perum Perhutani seluas 460.000 hektar di Pulau Jawa.
"Sekitar 400 ribu hektar (lahan Perhutani) belum berhasil dan mau kita olah," terang Siti di Balegandrung, Pemalang, Jawa Tengah.

Dalam hal ini, masyarakat diberikan akses untuk mengelola hutan milik Perhutani. Siti menerangkan, aksesibilitas yang diberikan masyarakat harus berjalan secara utuh. Mulai dari teknis tanam hingga pemasaran.

"Kalau mereka tanam, tau-tau tidak ada yang beli (hasil tanamnya) lalu mereka pindah tanamnya. Kalau kayak gitu berarti ga utuh, kalau mau utuh ya harus lengkap. Sampai ke bisnis rakyat yang bergulir hingga puluhan tahun," terangnya. [uji]

Komentar

 
x