Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 09:11 WIB

Ini Syarat PBD di Atas 5% Versi Menteri Bambang

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 26 September 2017 | 16:33 WIB
Ini Syarat PBD di Atas 5% Versi Menteri Bambang
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro - (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menilai faktor pendorong pertumbuhan ekonomi nasional jika ekspor berjalan pada tren positif.

Maka dari itu dirinya menaruh harapan pada kinerja ekspor yang positif agar target pertumbuhan ekonomi 5,2% dalam APBN-P 2017 dapat tercapai. "Ekonomi global lebih baik, tercermin dari ekspor Indonesia yang bisa tumbuh positif pada awal tahun 8%," tutur Bambang di Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Menurut Bambang, kenaikan ekspor Indonesia mengindikasikan bahwa daya beli masyarakat luar negeri perlahan mulai pulih dengan berimbas pada ekspor Indonesia yang meningkat, sekaligus juga mendorong harga-harga komoditas dalam negeri mengalami perubahan harga yang cukup baik. "Tapi kita harus ubah ekspor kita, agar kita tidak tergantung dengan komoditas," ujar Bambang.

Selain ekspor yang mengalami peningkatan, kata Bambang, data pertumbuhan investasi di dalam negeri juga bertumbuh di atas 5%, dari tahun-tahun sebelumnya naik di bawah 5%. "Ini artinya ada minat investasi, dua tren positif ini dapat menjaga harapan kita pertumbuhan ekonomi bisa dijaga di 5%," papar Bambang. [hid]

Komentar

 
x