Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 00:58 WIB

Dua Hal Ini Bikin Menteri Bambang Lega Sementara

Oleh : M Fadil Djaelani | Selasa, 26 September 2017 | 17:58 WIB
Dua Hal Ini Bikin Menteri Bambang Lega Sementara
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengaku sudah lega, lantaran kondisi ekonomi domestik maupun global, membaik. Ditunjukkan dengan naiknya ekspor.

Kata Bambang, kondisi ekonomi saat ini, jauh lebih baik ketimbang 3 tahun lalu. Di mana, ekspor bertumbuh cukup positif. Sepanjang 2017, ekspor Indonesia tumbuh sebesar 8%. "Akhirnya ekspor tumbuh positif, sebelumnya 2014-2016 negatif. Ini melegakan," kata Bambang dalam sebuah diskusi bertajuk Beyond Wealth Seminar di Hotel Ritz Charlton, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Tak hanya dari sisi ekspor, hal yang melegakan adalah sektor investasi. Pertumbuhan investasi di tahun ini lebih berkilau ketimbang 3 tahun belakangan. "Biasanya investasi tumbuh dibawah 5%, 2-3 tahun terakhir tapi triwulan 2 kemarin diatas 5% sejak 2012 plus 2013, artinya mulai ada minat investasi," kata mantan menteri keuangan ini.

Namun, lanjut Bambang, kedua hal tersebut, belum cukup kuat untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang dipatok 5,2% dalam APBN-P 2017. Ada satu faktor lagi yang masih harus diperbaiki, yakni konsumsi yang terbilang lesu. "Ini pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah," paparnya.

"Dua tren ini, kita punya harapan pertumbuhan ekonomi bisa dijaga 5%, selama kita bisa jaga daya beli masyarakat, maka pertumbuhan konsumsi harus diatas 5%. Kalau kita ingin pertumbuhan ekonomi tinggi, mau tidak mau jaga konsumsi masyarakat 5%, dorong investasi, dan pertumbuhan ekspor. Masalahnya kalau kita dorong ekspor gak bisa sepihak, karena dunia juga berpengaruh, jadi konsumsi dan investasi ada di tangan kita," tambahnya. [ipe]


Komentar

 
Embed Widget

x