Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 11:21 WIB

PLN: Laba Boleh Turun Tapi Keuangan Sehat

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 29 September 2017 | 04:09 WIB
PLN: Laba Boleh Turun Tapi Keuangan Sehat
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Bisnis Maluku dan Papua PT PLN (Persero), Ahmad Rofik mengakui adanya penurunan pendapatan. Namun demikian, kondisi keuangan perseroan, sehat-sehat saja.

Hal ini menyusul adanya surat Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati yang bocor ke publik menyangkut risiko keuangan PLN. "Ada penurunan pendapatan, tapi pak jonan sebutkan juga hanya Rp5 triliun dari Rp300 triliun," kata Rofik di Hotel Shangri La, Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Mengenai risiko gagal bayar utang, dia menerangkan bahwa PLN tidak pernah mengalami gagal bayar. Bahkan PLN mampu berutang hingga Rp2.000 triliun jika mau, hal ini karena rasio PLN yang mumpuni. "Keuangan PLN kan sehat sekali. Pinjaman PLN kan juga bisa sampai Rp2000 triliun kalau mau. Artinya, keuangan PLN punya kemampuan meminjam tinggi," terang Rofik.

Dia pun menganggap surat Sri Mulyani mengenai risiko keuangan PLN yang berpotensi membebani fiskal negara adalah bentuk perhatian supaya kinerja PLN terus ditingkatkan. "Surat itu (bentuk) perhatian ke PLN agar meningkatkan kinerjanya. Karena kinerja PLN kan untuk negeri ini. Surat itu sangat positif buat PLN," tutur Rofik. [ipe]

Komentar

 
Embed Widget

x