Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 12:48 WIB

AP II Jajakan Investasi Bandara Kualanamu

Oleh : Monika wareza | Sabtu, 30 September 2017 | 12:45 WIB
AP II Jajakan Investasi Bandara Kualanamu
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero/AP II) menawarkan dua paket investasi pengembangan Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara. Nilainya lumayan jumbo yakni Rp11 triliun.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin mengatakan, melalui Paket investasi ini investor dapat memiliki saham maksimal 49% di perusaahan yang akan berperan sebagai pengelola Bandara Internasional Kualanamu. Sisa saham, atau pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut masih dimiliki oleh AP II.

"Tujuan AP II menawarkan investasi tidak lain agar mendapat sumber pendanaan secara cepat guna melakukan ekspansi sehingga pelayanan di Bandara Internasional Kualanamu dapat semakin meningkat di samping tentunya membuat bandara ini mampu berperan signifikan dalam mendorong perekonomian nasional," kata Awaluddin dalam rilis kepada media di Jakarta, Sabtu (30/9/2017).

Adapun dua paket investasi yang ditawarkan tersebut terdiri dari Paket I senilai Rp7 triliun dan Paket II sekitar Rp4 triliun. Untuk Paket 1 mencakup pengembangan runway sehingga dapat melayani penerbangan pesawat berbadan lebar Airbus 380-800, lalu perluasan area kargo menjadi 24.715 m2 dari saat ini 13.450 m2, kemudian terminal penumpang dari menjadi 224.256 m2 atau saat ini berkapasitas 9 juta penumpang per tahun menjadi 17 juta penumpang per tahun.

"Paket 1 ini merupakan bagian dari tahapan pengembangan bandara dari keseluruhan 3 tahap yang direncanakan. Ditargetkan, pengembangan Paket 1 dapat dimulai pada 2018," lanjut mantan direksi PT Telkom (Persero) ini.

Sedangkan Paket II senilai Rp4 triliun, kata Awaluddin, untuk pengelolaan lahan sekitar 200 hektare guna pengembangan area komersial yang berada di luar terminal penumpang. Area komersial dibangun berkonsep airport city di mana terdapat hotel bintang 3, 4, dan 5, kemudian hypermarket, gedung perkantoran, theme park, golf course, food arcade, convention centre, rumah sakit, bioskop, dan lain sebagainya.

Dari sisi keuangan, Bandara Internasional Kualanamu mampu membukukan kinerja cukup baik pada 2016 untuk pendapatan bisnis aeronautika, nonaeronautika dan juga kargo. [ipe]

Komentar

 
x