Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 11:17 WIB

World Bank Ramal, 2030 Penduduk Jakarta Hijrah

Oleh : Monica Wareza | Selasa, 3 Oktober 2017 | 16:36 WIB
World Bank Ramal, 2030 Penduduk Jakarta Hijrah
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bank Dunia memprediksi 13 tahun mendatang atau tepatnya 2030 nanti akan terjadi peningkatan arus urbanisasi mencapai 70% dari wilayah Jakarta ke wilayah sekunder seperti Cirebon, Yogyakarta dan Pekalongan.

Lead Municipal Engineer Bank Dunia, George Soraya mengatakan urbanisasi yang diperkirakan oleh Bank Dunia ini akan terjadi karena penduduk yang bergerak menjauhi kota besar dan menyasar ke kota-kota sekunder di sekitarnya.

"Kami memperkirakan arus perpindahan ke kota di Indonesia mencapai 70% pada tahun 2030," kata Soraya di Kantor Bank Dunia Perwakilan Indonesia, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Menurut laporan Bank Dunia 'Expanding Opportunities for the Urban Poor', kota-kota di kawasan Asia Timur dan Asia Pasifik merupakan kawasan dengan tingkat urbanisasi yang tinggi, dengan rata-rata kecepatan sebesar 3%.

Namun sayangnya, tingkat urbanisasi yang tinggi ini tidak diikuti dengan tersedianya infrastruktur, lapangan kerja dan layanan yang memadai. Sehingga berdampak pada melambatnya pertumbuhan ekonomi dan terjadinya perpecahan sosial.

Meski begitu, arus urbanisasi tak selamanya berdampak negatif. Menurut Bank Dunia, dalam dua dekade terakhir arus urbanisasi justru telah membuat 655 juta orang lepas dari kemiskinan. [fdl]

Komentar

 
x