Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 02:36 WIB

Urbanisasi Inklusif, WB Contohkan 3 Negara Ini

Oleh : Monica Wareza | Selasa, 3 Oktober 2017 | 18:30 WIB
Urbanisasi Inklusif, WB Contohkan 3 Negara Ini
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - World Bank atau Bank Dunia menyarankan agar negara dengan tingkat urbanisasi di kawasan Asia Timur dan Asia Pasifik dapat belajar pada negara-negara yang berhasil menerapkan urbanisasi inklusif.

Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik, Victoria Kwakwa mengatakan bahwa negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan dan Singapura ini terbukti mampu menciptakan ruang bagi pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

"Tiga negara yakni Jepang, Korea Selatan dan Singapura terbukti mampu menerapkan urbanisasi sehingga bisa menciptakan pertumbuhan eonomi yang tinggi," kata Victoria dalam teleconference di Kantor Bank Dunia Perwakilan Indonesia, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Saran ini bukan tak beralasan, menurut Victoria, negara-negara di Kawasan Asia Timur dan Asia Pasifik ini dianggap belum memiliki kualitas pelayanan kaum urban dengan baik. Sehiingga jika terjadi urbanisasi secara besar-besaran akan berdampak pada ketimpangan, terutama dari segi ekonomi.

"Dalam periode 1970 hingga 1980, ekonomi Singapura tumbuh rata-rata 8% per tahun, terutama karena strategi perencanaan kota yang menyediakan infrastruktur, perumahan terjangkau, dan layanan sosial yang efektif," kata Victoria.

Victoria mengatakan kKawasan yang menjadi tujuan dari kaum urban ini, memiliki populasi kumuh terbesar di dunia sebanyak 250 juta orang. Namun, kawasan ini memiliki perumahan berkualitas rendah, akses terbatas terhadap pelayanan dasar, serta cenderung berisiko terhadap bencana seperti banjir.

"Tantangan kolektif kami adalah memperluas kesempatan bagi semua orang di kota, mulai dari migran baru yang tinggal di pinggiran pabrik sehingga mereka dapat memperoleh manfaat Iebih dari urbanisasi dan membantu pertumbuhan yang Iebih kuat," kata dia. [fdl]

Komentar

 
x