Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 11:13 WIB

Jokowi Minta Platform E-Commerce Disiapkan

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 3 Oktober 2017 | 17:09 WIB
Jokowi Minta Platform E-Commerce Disiapkan
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membeberkan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap perkembangan bisnis online (e-commerce) ke depan.

"Presiden kemarin menanyakan kepada kita di sidang kabinet. Ada pertanyaan mendasar yang beliau tanyakan," ujar Enggar di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Dalam hal ini, lanjut Enggar, Presiden menanyakan apakah bisnis online akan dibuka penuh, ditutup atau keduanya. "Apakah ini mau dibuka? Dibuka penuh ya, bicara online, masuk yang gede-gede. Atau mau ditutup? China (pernah) lakukan itu, tapi dibuka lagi, (dengan) siapkan platformnya. Atau kah setengah dibuka setengah ditutup?," ujarnya.

Enggar menuturkan, berbagai data menunjukkan mengenai pertumbuhan bisnis e-commerce, tetapi hal itu harus dikatakan tidak terdeteksi dan ada persaingan tidak sehat antara bisnis online dan offline. "Yang satu bayar pajak yang satu tidak terkena Pajak dan tidak menyediakan tempat," jelas Jokowi.

Namun, disisi lain perdagangan konvensional memiliki mata rantai yang cukup panjang sehingga mempengaruhi harga ditingkat konsumen. Hal ini menjadi satu dari banyak hal yang menyebabkan konsumen lebih memilih berbelanja secara online dibandingkan datang ke toko.

"Sekali lagi kenyataan tidak bisa dihindari dan untuk (e-commerce) domestik dari masuknya pemain jadi tantangan dan kekhawatiran sekaligus tapi kita harus siap menghadapi itu," ungkap Jokowi. [fdl]

Komentar

 
x