Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 12:32 WIB

Rupiah Tertekan, Pengusaha Jadi Galau

Oleh : Uji Sukma Medianti | Rabu, 4 Oktober 2017 | 11:26 WIB
Rupiah Tertekan, Pengusaha Jadi Galau
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta- Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat membuat pengusaha galau. Sebab kian menyulitkan untuk membuat perencanaan bisnis ke depan.

"Rupiah turun sedih, rupiah naik kencang juga sedih (serta) protes juga," kata Rosan P. Roeslani, Ketua Umum Kadin di Kuningan, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Hal ini kata Rosan lantaran berdampak pada target yang sudah dipatok oleh pengusaha. "(Tekanan rupiah) ini bisa membuat mis target dari perusahaan yang sudah melakukan budgeting," ungkapnya.

Namun begitu, pelemahan rupiah tak selamanya membuat pengusaha gigit jari. Misal saja, kata Rosan, untuk bidang usaha batu bara.

Menurutnya, pengusaha batu bara kebanjiran berkah ditengah pelemahan rupiah. "Kalau ditanya ke pengusaha batubara pada senang dolar naik," ujarnya.

Rosan berharap pelemahan rupiah hanya sampai pada level Rp13.500 saja, jangan sampai melemah lagi. "Walaupun melihat kecenderungannya masih akan melemah. Misalnya maksimum Rp13.500. Bawahnya Rp13.300," ungkapnya.

Komentar

 
Embed Widget

x