Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:08 WIB

Inil Alasan Investor Lepas Rupiah

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 5 Oktober 2017 | 05:12 WIB
Inil Alasan Investor Lepas Rupiah
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bank Indonesia menilai beberapa kebijakan pemerinah AS memicu terjadinya capital outflow karena dolar AS pulang kampung sehingga memicu pelemahan rupiah.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tertekan sejak pekan lalu. Pada Selasa (3/10/2017) rupiah bertengger di Rp13.600 per US$.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara menuturkan, hal ini terjadi lantaran pengajuan proposan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengenai penurunan pajak.

Hal itu boleh jadi belum komprehensif tetapi jika proposal penurunan pajak diterima oleh kongres dan disahkan menjadi UU maka bisa menjadi harapan baru bagi perekonomian Amerika Serikat. "(Penurunan pajak) itu (akan) menjadi harapan baru (dan) ekonomi Amerika Serikat akan naik lebih cepat," terang Mirza di Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Dengan begitu, kata Mirza, kemungkinan The Fed buat menaikkan suku bunga semakin cepat alhasil akan terjadi capital outflow di negara-negara berkembang. "Suku bunga di as akan naik lebih cepat dan kemudian di global itu dolar jadi menarik kembali,"ungkapnya.

Di samping itu, lanjut dia, pernyataan Gubernur The Fed, Janet Yellen mengenai rencana kenaikan suku bunga pada Desember mendatang bisa jadi 'sihir' tersendiri yang membuat mata uang rupiah dan negara-negara lain tertekan. [hid]

Komentar

 
Embed Widget

x