Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 11:11 WIB

Dukung Bisnis Sawit, RI Disarankan Tiru Malaysia

Oleh : - | Kamis, 5 Oktober 2017 | 11:40 WIB
Dukung Bisnis Sawit, RI Disarankan Tiru Malaysia
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah perlu membentuk lembaga nasional terintegrasi dan memiliki kewenangan dari hulu hingga hilir guna mendukung tumbuh-kembangnya industri sawit nasional.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Badan Legislasi DPR, Firman Subagyo dalam rilis kepada meda di Jakarta, Kamis (5/10/2017). Dia menyarankan adanya kelembagaan sawit nasional, seperti Malaysia yang membentuk Malaysian Palm Oil Board (MPOB). "MPOB merupakan lembaga terintegrasi dan kredibel karena mempunyai kewenangan penuh untuk mengatur tata kelola sawit dari hulu hingga hilir di Malaysia," kata Firman.

Menurut politisi Golkar ini, MPOB yang dibentuk berdasarkan amanat UU Malaysia tersebut karena Pemerintah Malaysia menyadari pentingnya melindungi industri sawit nasionalnya dari campur tangan pihak luar. Indonesia sebagai negara berdaulat bisa belajar dari Malaysia. Hal itu, agar kedepan, tidak bisa negara-negara lain atau parlemen Eropa campur tangan seenaknya dalam urusan internal Indonesia.

Selama ini, Firman menilai, terlalu banyak pembiaran atas maraknya isu-isu internasional yang mempermalukan Indonesia. "Sepertinya, bangsa ini tidak menyadari bahwa berbagai tuduhan yang tidak berdasar itu mempunyai banyak aspek negatif terhadap citra Indonesia di dunia," paparnya.

Konsep lembaga yang akan menangani sektor kelapa sawit ini, lanjut Firman, sudah termaktub dalam RUU Perkelapasawitan. Karena itu, RUU yang dalam proses legislasi ini, harus lolos demi masa depan ekonomi nasional. [tar]

Komentar

 
x